The Relationship between Professional Competence of Instructors and Student Learning Outcomes at LKP Widyaloka Bukittinggi

Novita Yusdiyana(1), Vevi Sunarti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i3.118766

Full Text:    Language : en

Abstract


Konteks penelitian ini adalah prestasi akademik siswa LKP Widyaloka Bukittinggi yang kurang baik. Hal ini kemungkinan besar akibat dari kompetensi profesional instruktur yang di bawah standar, yang berdampak negatif pada hasil belajar siswa. Penelitian ini akan melihat 1) Melihat gambaran hubungan antara kompetensi profesional siswa dengan hasil belajar siswa di LKP Widyaloka Bukittinggi; 2) Melihat gambaran hubungan antara kompetensi profesional siswa dengan hasil belajar siswa di LKP Widyaloka Bukittinggi; dan 3) Melihat gambaran hasil belajar siswa di LKP Widyaloka Bukittinggi.Peneliti menggunakan metodologi penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, penelitian semacam ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampel menggunakan Cluster Random Sampling dan melibatkan hingga 70%, atau 28 orang, dari 40 peserta penelitian. Kuesioner dan daftar pernyataan berfungsi sebagai alat pengumpulan data untuk teknik pengumpulan data ini. Rumus persentase dan Urutan Peringkat keduanya digunakan dalam metode analisis data.Temuan penelitian ini mengungkapkan: 1) Deskripsi kompetensi profesional pengajar LKP Widyaloka Bukittinggi dinilai rendah 2) Hasil belajar siswa LKP Widyaloka Bukittinggi tergolong sedang; 3) Terdapat hubungan yang substansial antara kompetensi profesional pengajar dengan hasil belajar siswa di sekolah. Selain itu, rekomendasi bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti variabel-variabel baru guna melengkapi dan melengkapi variabel-variabel yang ada. Kata kunci : Kompetensi Profesional; Hasil belajar

References


Anni, C. T., & Rifa’i, A. (2011). Psikologi Pendidikan. UNNES Press.

Ardlani, Y. (2016). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Bersertifiksi di SD Negeri Se-Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 22(5).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Atmuji, S., & Suking, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Sosial, Kompetensi Profesional dan Perilaku Guru dalam Mengajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pada Sma Negeri di Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Jurnal Kependidikan, 12(1).

Connell, R. (2009). Good Teachers on Dangerous Ground: Towards a New View of Teacher Quality and Professionalism. Critical Studies in Education, 50(3).

Hamalik, O. (2017). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Menrisal, M., Radyuli, P., & Zuhra, G. (2022). Hubungan Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2).

Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Remaja Rosdakarya.

Mutmainah, M. (2012). Pengaruh Sertifikasi Terhadap Profesionalisme Guru di Mts Muhammadiyah Blimbing Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Payong, M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru. PT Indeks.

Putra, S. P. (2023). Pengaruh Supervisi Akademik, Motivasi Kerja dan Kepuasaan Guru Terhadap Profesionalitas Guru. Universitas Lampung.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta.

Sargent, T., Sargent, T., & An, X. (2007). Teaching Quality and Student Outcomes: Academic Achievement and Educational Engagement in Rural Northwest China. China An International Journal, 05(02).

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? Helper, 35(1).

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2004). Pendidikan Nonformal. Falah Production.

Sumarto, S. (2016). Tugas Profesional Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ri’ayah, 01(02).

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana prenada media group.

Thobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Ar-Ruzz Media.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://dispora.slemankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/UU-Nomor-20-tahun-2003-ttg-sistem-pendidikan-nasional.pdf

Yusuf, A. M. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media Group.


Article Metrics

 Abstract Views : 50 times
 PDF Downloaded : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.