The Relationship Between The Tutor's Social Interaction and The Social Behavior of Students Studying Package B in learning at SPNF SKB Padang Pariaman

Muharni Yelvi(1), Setiawati Setiawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v12i1.127602

Full Text:    Language : in

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku sosial siswa paket B dalam pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman. Hal ini diduga disebabkan oleh interaksi sosial tutornya. Tujuan penelitian adalah: 1) mengetahui interaksi sosial tutor; 2) mengetahui perilaku sosial warga belajar paket B di SPNF SKB Padang Pariaman; dan 3) mengetahui hubungan interaksi sosial tutor dengan perilaku sosial siswa paket B dalam pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman. Jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, bertujuan untuk mengungkap hubungan interaksi sosial tutor dengan perilaku sosial siswa paket B dalam pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman. Populasi penelitian adalah warga Paket B (112 orang) dan 60% dijadikan sampel (53 orang) dengan menggunakan teknik proporsional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan product moment. Hasil penelitian adalah: 1) interaksi sosial tutor tergolong buruk, 2) perilaku sosial warga belajar paket B pada pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman tergolong buruk, dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial tutor dan perilaku sosial warga belajar paket B pada pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman.

 


References


Adriansyah, R., & Ananda, N. R. (2022). Interaksi Sosial Masyarakat Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid 19. Prosiding Semnas FISIP UNDHAR.

Afriana, R., Wisroni, W., & Setiawati, S. (2018). Hubungan antara Komunikasi Interpersonal Tutor dengan hasil Belajar Bahasa Inggris Warga Belajar Bahasa Inggris Warga Belajar Kelas VIII Paket B di PKBM Sakindo. 2010. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9010

Agustin, L., & Wisroni, W. (2022). The Relationship of the Implementation of character Education in family and the Sosial behavior of Adolescents in Nagari Lunang II, Pesisir Selatan Regency. Spektrum Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(1).

Akmal, A., Ismail, I., Zaswita, H., & Suhertina. (2022). Pengaruh Interaksi Guru Terhadap Perilaku Sosial Siswa Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Provinsi Riau. Tsaqifa Nusantara, 01(02).

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Budiman, D. (2007). Bahan Ajar MK Psikologi Anak dalam Penjas PGSD. UPI Press.

Esilvita, E. (2023). Develolopment of Learning Strategi-Based Training Programs. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3).

Gerungan. (2010). Psikologi Sosial. Refika Aditama.

Hahyeejehteh, S. (2021). Interaksi Sosial Masyarakat Setempat dengan Mahasiswa Asal Pattani di Kota Bandung. Temali: Jurnal Pembangunan Sosial, 4(1).

Harahap, M. T. K. (2023). Description of Constraints in Manure Fertilizer Training Activities by the Prosperous Farmers Group Together in Padang Sarai Padang City. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3).

Harahap, M. T. K., & Setiawati, S. (2023). Empowerment of Poor Communities Through Information Technology Based Entrepreneurship Training In Padang Sarai Village, Koto Tangah District, Padang City. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3).

Hidayati, A., Setiawati, S., & Sunarti, V. (2018). Gambaran Strategi Pembelajaran Partisipatif pada Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Program Paket B di PKBM Tanjung Sari Kota Sawahlunto. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 1. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9014

Jamaris, J. (2016). Pendidikan Luar Sekolah dan Kompetensi Pendamping Pendidikan Masyarakat Desa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Luar Sekolah.

Krisnaningrum, I., Masrukhi, M., & Atmaja, H. T. (2017). Perilaku Sosial Remaja Era Globalisasi di SMK Muhammadiyah Kramat, Kabupaten Tegal. Journal of Educational Social Studies, 6(3).

Lestari, I. P. (2013). Interaksi Sosial Komunitas Samin dengan Masyarakat Sekitar. Jurnal Komunitas, 5(1).

Maradjabessy, M. F. (2019). Interaksi Sosial Forum Mahasiswa Kota Tidore Kepulauan di Kota Manado. HOLISTIK, 12(1).

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Sekolah, (1991).

Setiawati, S. (2016). Memahami Masyarakat Sebagai Suatu Sistem Sosial. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 125–134.

Setiawati, S., & Aini, W. (2019). Increase Adult Learning Motivation through Promotion of Their Needs. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), 111–119. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i2.36

Sholikah, E. S., Kurniarum, A., & Winarso, A. (2014). Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar MK Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Pada Mahasiswa Tingkat I Diploma III Kebidanan di Poltekkes Surakarta. Jurnal Kebidanan, VI(01).

Siska, M., Solfema, S., & Aini, W. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Hasil Belajar Santri di MDA Nurul Haq Nagari Cubadak Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(2).

Susiana, A. (2023). Empowerment of Poor Communities Through Information Technology Based Entrepreneurship Training at Nagari Aia Manggih Utara Youth Center, Lubuk Sikaping District, Pasaman Regency. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(23).

Susiana, A., & Syuraini, S. (2023). Community Empowerment Through the Catfish Cultivation Program at the Office of the Lubuk Sikaping District, Pasaman District. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3).

Susilo, Nugraheni, I. L., Mentari, A., & Nurhayati4. (2021). Analisis Interaksi Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat Pasca Konflik antar Etnik. Jurnal Civic Hukum, 6(1).

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2).


Article Metrics

 Abstract Views : 41 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.