Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku sosial siswa paket B dalam pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman. Hal ini diduga disebabkan oleh interaksi sosial tutornya. Tujuan penelitian adalah: 1) mengetahui interaksi sosial tutor; 2) mengetahui perilaku sosial warga belajar paket B di SPNF SKB Padang Pariaman; dan 3) mengetahui hubungan interaksi sosial tutor dengan perilaku sosial siswa paket B dalam pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman. Jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, bertujuan untuk mengungkap hubungan interaksi sosial tutor dengan perilaku sosial siswa paket B dalam pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman. Populasi penelitian adalah warga Paket B (112 orang) dan 60% dijadikan sampel (53 orang) dengan menggunakan teknik proporsional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan product moment. Hasil penelitian adalah: 1) interaksi sosial tutor tergolong buruk, 2) perilaku sosial warga belajar paket B pada pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman tergolong buruk, dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial tutor dan perilaku sosial warga belajar paket B pada pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman.