The Relationship between Learning Methods and Student Learning Outcomes at TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi, Pasaman Barat

Elvi Maulida Putri(1), Syuraini Syuraini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i3.120395

Full Text:    Language : en

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik di TPA al-hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini diduga karena kurang baiknya metode pembelajaran di TPA al-hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambarkan metode belajar; dan 2) gambaran hasil belajar peserta didik; serta 3) Hubungan metode belajar dengan hasil belajar peserta didik di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kab Pasaman Barat. Pendekatan yang peneliti pakai dalam kegiatan penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan jenis penelitian yang peneliti pakai yaitu penelitian korelasi. Proportional Random Sampling merupakan teknik untuk mengambil sampel yang peneliti pakai dalam kegiatan penelitian ini, di mana sampel yang peneliti ambil sebanyak 70% dari 45 warga belajar di lokasi peneliti melakukan kegiatan penelitian ini, maka sampelnya ada sebanyak 32 responden. Instrumen yang peneliti pakai dalam kegiatan penelitian ini adalah angket yang berisi pernyataan. Setelah data dikumpulkan melaui angket, kemudian peneliti gambarkan dengan cara rumus persentase, sementara rumus product moment adalah rumus yang peneliti pakai untuk melihat hubungan antara dua variabel. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Gambaran metode pembelajaran di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat dikategorikan kurang baik, hal ini didapat dan dibuktikan dari hasil olah data angket yang telah dilakukan. 2) Gambaran hasil belajar peserta didik di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat dikategorikan rendah. Hal ini dapat diamati melalui hasil belajar 20 peserta didik pada nilai 64-65 menjadi persentase terbanyak. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat. Selanjutnya saran diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk bisa meneliti variabel baru yang dapat memperlengkap variabel dan penelitian yang ada.


References


Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Aini, W. (2006). Konsep Pendidikan Luar Sekolah. PLS FIP UNP.

Aunurrrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Ginting, A. (2010). Esensi Praktis: Belajar Praktis dan Pembelajaran, Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru. Humaniora.

Haidir, & Salim. (2012). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Remaja Rosdakarya.

Komalasari, K. (2017). Pembelajaran kontekstual. Refika Aditama.

Lestari, S. (2020). Improving Mathematics Learning Outcomes Using Learning Media with Concrete Objects. Workshop Inovasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar SHEs: Conference Series. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/download/55810/33208

Rachman, T. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Practise dan Kredibilitas Tutor Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Peserta Kursus di Lembaga English Institute. Angewandte Chemie International Edition, 6(11).

Rohman, M., & Amri, S. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Pestasi Pustaka.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis Hots (Hiher Order Thinking Skills). Tsmart Printing.

Sholihah, H. A., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (2016). Metode Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Siswa SMP. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 160–167.

Siska, M., Solfema, S., & Aini, W. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Hasil Belajar Santri di MDA Nurul Haq Nagari Cubadak Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(2), 238. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.9053

Sriyanti, L. (2013). Psikologi Belajar. Ombak.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosdikarya.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy.

Syuraini, S., & Safitri, V. (2019). Gambaran Motivasi Warga Belajar Pelatihan Keterampilan Menyulam Selendang Koto Gadang di PKBM Anarvani Padang. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 3(1), 442–448.

Tarbiyah, D. F., Iain, K., & Intan, R. (2015). 57095-ID-strategi-pembelajaran-dalam-perspektif-i. Strtategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam, 6, 118–133.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://dispora.slemankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/UU-Nomor-20-tahun-2003-ttg-sistem-pendidikan-nasional.pdf

Uno, H. B., & Koni, S. (2012). Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara.

Zuhrina, Z., Jamaris, J., & Irmawita, I. (2018). Hubungan Pengalaman Orang Tua dengan Perilaku Belajar Anak di Rumah di Kuamang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 126. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9487


Article Metrics

 Abstract Views : 34 times
 PDF Downloaded : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.