Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik di TPA al-hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini diduga karena kurang baiknya metode pembelajaran di TPA al-hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambarkan metode belajar; dan 2) gambaran hasil belajar peserta didik; serta 3) Hubungan metode belajar dengan hasil belajar peserta didik di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kab Pasaman Barat. Pendekatan yang peneliti pakai dalam kegiatan penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan jenis penelitian yang peneliti pakai yaitu penelitian korelasi. Proportional Random Sampling merupakan teknik untuk mengambil sampel yang peneliti pakai dalam kegiatan penelitian ini, di mana sampel yang peneliti ambil sebanyak 70% dari 45 warga belajar di lokasi peneliti melakukan kegiatan penelitian ini, maka sampelnya ada sebanyak 32 responden. Instrumen yang peneliti pakai dalam kegiatan penelitian ini adalah angket yang berisi pernyataan. Setelah data dikumpulkan melaui angket, kemudian peneliti gambarkan dengan cara rumus persentase, sementara rumus product moment adalah rumus yang peneliti pakai untuk melihat hubungan antara dua variabel. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Gambaran metode pembelajaran di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat dikategorikan kurang baik, hal ini didapat dan dibuktikan dari hasil olah data angket yang telah dilakukan. 2) Gambaran hasil belajar peserta didik di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat dikategorikan rendah. Hal ini dapat diamati melalui hasil belajar 20 peserta didik pada nilai 64-65 menjadi persentase terbanyak. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik di TPA Al-Hafidzh Nagari Persiapan Maligi Kabupaten Pasaman Barat. Selanjutnya saran diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk bisa meneliti variabel baru yang dapat memperlengkap variabel dan penelitian yang ada.