Developing Teaching Materials based on LMS Edukati for Critical Reading Editorial Text

Zahira Nur Arifah(1), Sam Mukhtar Chaniago(2), Nurita Bayu Kusmayati(3),
(1) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(2) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(3) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v25i1.127591

Full Text:    Language : id

Abstract


Literasi membaca Indonesia masih sangat rendah. Kegiatan membaca tidak cukup hanya sampai membaca literal, tetapi perlu sampai pada level membaca kritis agar dapat memilah informasi. Membaca kritis dapat dipraktikkan pada pembelajaran teks editorial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar membaca kritis teks editorial berbasis LMS Edukati bagi siswa SMA kelas XII. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,77 (95%) sehingga dikategorikan sangat baik/sangat layak. Hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata skor 4,78 (95%) sehingga dikategorikan sangat baik/sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian guru, diperoleh rata-rata skor 4,84 (97%) sehingga dikategorikan sangat baik/sangat layak. Berdasarkan hasil respons siswa, diperoleh rata-rata skor 4,60 (92%) sehingga dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca kritis teks editorial berbasis LMS Edukati sangat layak digunakan.


Keywords


bahan ajar; membaca kritis; LMS Edukati

References


Arikunto, S. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). PT Bumi Aksara.

Chaniago, S. M. (2018). Pengidentifikasian Hiperteks pada Kompas Online sebagai Sebuah Genre Multimedia. Aksis, 2(1), 47–68. https://doi.org/10.21009/aksis.020104

Dhika, H., Destiawati, F., Surajiyo, & Jaya, M. (2020). Implementasi Learning Management System dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle (Vol. 2). Prosiding Seminar Nasional Riset dan Information Science (SENARIS).

Kusmayati, N. B., Mulyati, Y., Damaianti, V. S., & Sastromiharjo, A. (2019). Teaching of Social Culture-Based Critical Literation for University Students. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.21009/aksis.030104

Oktaviani, R., & Chaniago, S. M. (2023). Development of Short Story Writing with Religious Values through Problem-Based Learning. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.21009/AKSIS.070205

Organization for Economic Cooperation and Development [OECD]. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) [Dataset]. Organization for Economic Cooperation and Development. https://doi.org/10.1787/53f23881

Pratama, R. A. (2016). Pengembangan Modul Membaca Kritis dengan Model Instruksi Langsung Berbasis Nilai Karakter. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 173–190. https://doi.org/10.15408/dialektika.v3i2.5184

Pribadi, B. A., & Putri, D. a. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar (2nd ed.). Universitas Terbuka.

Puryanto, E., & Kusmayati, N. B. (2023). Analysis of DescriptiveText Writing Skill Characteristics Based on Performance-Based Assessment for Junior High School Level. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.21009/AKSIS.070201

Restuningsih, M. A., Nyoman, D., & Sudiana, N. (2017). Kemampuan Membaca Kritis Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Membaca pada Siswa Kelas V SD Kristen Harapan Denpasar. Pendasi, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2680

Ridi, R. (2018). Hypertext. Knowledge Organization, 45(5), 393–424. https://doi.org/10.5771/0943-7444-2018-5-393

Samsumi, R., Mahmud, T., & Nasution, W. (2021). Efektivitas Pembelajaran Teks Editorial Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).

Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Sultan. (2018). Membaca Kritis: Mengungkap Ideologi Teks dengan Pendekatan Literasi Kritis. Baskara Media.

Zulviana, T., Pen, J. B., Murhananto, & Wadi, S. (2021). Optimalisasi Penggunaan Learning Management System (LMS) dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Direktorat Sekolah Menengah Atas.


Article Metrics

 Abstract Views : 152 times
 PDF Downloaded : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.