Abstract
Literasi membaca Indonesia masih sangat rendah. Kegiatan membaca tidak cukup hanya sampai membaca literal, tetapi perlu sampai pada level membaca kritis agar dapat memilah informasi. Membaca kritis dapat dipraktikkan pada pembelajaran teks editorial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar membaca kritis teks editorial berbasis LMS Edukati bagi siswa SMA kelas XII. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,77 (95%) sehingga dikategorikan sangat baik/sangat layak. Hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata skor 4,78 (95%) sehingga dikategorikan sangat baik/sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian guru, diperoleh rata-rata skor 4,84 (97%) sehingga dikategorikan sangat baik/sangat layak. Berdasarkan hasil respons siswa, diperoleh rata-rata skor 4,60 (92%) sehingga dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca kritis teks editorial berbasis LMS Edukati sangat layak digunakan.