Developing Teaching Materials based on LMS Edukati for Critical Reading Editorial Text
(1) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(2) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(3) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni
DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v25i1.127591
Full Text: Language : id
Abstract
Literasi membaca Indonesia masih sangat rendah. Kegiatan membaca tidak cukup hanya sampai membaca literal, tetapi perlu sampai pada level membaca kritis agar dapat memilah informasi. Membaca kritis dapat dipraktikkan pada pembelajaran teks editorial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar membaca kritis teks editorial berbasis LMS Edukati bagi siswa SMA kelas XII. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,77 (95%) sehingga dikategorikan sangat baik/sangat layak. Hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata skor 4,78 (95%) sehingga dikategorikan sangat baik/sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian guru, diperoleh rata-rata skor 4,84 (97%) sehingga dikategorikan sangat baik/sangat layak. Berdasarkan hasil respons siswa, diperoleh rata-rata skor 4,60 (92%) sehingga dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca kritis teks editorial berbasis LMS Edukati sangat layak digunakan.
Keywords
References
Arikunto, S. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). PT Bumi Aksara.
Chaniago, S. M. (2018). Pengidentifikasian Hiperteks pada Kompas Online sebagai Sebuah Genre Multimedia. Aksis, 2(1), 47–68. https://doi.org/10.21009/aksis.020104
Dhika, H., Destiawati, F., Surajiyo, & Jaya, M. (2020). Implementasi Learning Management System dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle (Vol. 2). Prosiding Seminar Nasional Riset dan Information Science (SENARIS).
Kusmayati, N. B., Mulyati, Y., Damaianti, V. S., & Sastromiharjo, A. (2019). Teaching of Social Culture-Based Critical Literation for University Students. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.21009/aksis.030104
Oktaviani, R., & Chaniago, S. M. (2023). Development of Short Story Writing with Religious Values through Problem-Based Learning. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.21009/AKSIS.070205
Organization for Economic Cooperation and Development [OECD]. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) [Dataset]. Organization for Economic Cooperation and Development. https://doi.org/10.1787/53f23881
Pratama, R. A. (2016). Pengembangan Modul Membaca Kritis dengan Model Instruksi Langsung Berbasis Nilai Karakter. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 173–190. https://doi.org/10.15408/dialektika.v3i2.5184
Pribadi, B. A., & Putri, D. a. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar (2nd ed.). Universitas Terbuka.
Puryanto, E., & Kusmayati, N. B. (2023). Analysis of DescriptiveText Writing Skill Characteristics Based on Performance-Based Assessment for Junior High School Level. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.21009/AKSIS.070201
Restuningsih, M. A., Nyoman, D., & Sudiana, N. (2017). Kemampuan Membaca Kritis Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Membaca pada Siswa Kelas V SD Kristen Harapan Denpasar. Pendasi, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2680
Ridi, R. (2018). Hypertext. Knowledge Organization, 45(5), 393–424. https://doi.org/10.5771/0943-7444-2018-5-393
Samsumi, R., Mahmud, T., & Nasution, W. (2021). Efektivitas Pembelajaran Teks Editorial Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).
Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Sultan. (2018). Membaca Kritis: Mengungkap Ideologi Teks dengan Pendekatan Literasi Kritis. Baskara Media.
Zulviana, T., Pen, J. B., Murhananto, & Wadi, S. (2021). Optimalisasi Penggunaan Learning Management System (LMS) dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Direktorat Sekolah Menengah Atas.
Article Metrics
Abstract Views : 152 timesPDF Downloaded : 69 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.