The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan Talempong VST Instrument Plugin bagi para praktisi dan akademisi dalam pembelajaran Musik Digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrumen VST Talempong sebagai media yang valid dan praktis. Metode penelitian ini mengadopsi Research and Development (R&D) yang terdiri dari (1) Define (mendefinisikan); (2) Desain (desain); Mengembangkan (pengembangan); dan (4) Menyebarkan (menyebarkan). Data yang digunakan adalah data primer yaitu praktisi musik digital sebagai ahli validasi data valid, dosen dan mahasiswa. Validitas ahli media sebesar 87%, penilaian hasil uji kepraktisan oleh dosen dan praktisi sebesar 91% dan penilaian kepraktisan oleh mahasiswa sebesar 90,6%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Instrumen VST Talempong layak dan praktis untuk digunakan

Keywords


Development, VST Instrument, Talempong, Digital Music