Talempong VST Instrument Development in the Age of Digital Music

Irdhan Epria Darma Putra(1), Wimbrayardi Wimbrayardi(2), Tulus Handra Kadir(3),
(1) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v23i2.119228

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan Talempong VST Instrument Plugin bagi para praktisi dan akademisi dalam pembelajaran Musik Digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrumen VST Talempong sebagai media yang valid dan praktis. Metode penelitian ini mengadopsi Research and Development (R&D) yang terdiri dari (1) Define (mendefinisikan); (2) Desain (desain); Mengembangkan (pengembangan); dan (4) Menyebarkan (menyebarkan). Data yang digunakan adalah data primer yaitu praktisi musik digital sebagai ahli validasi data valid, dosen dan mahasiswa. Validitas ahli media sebesar 87%, penilaian hasil uji kepraktisan oleh dosen dan praktisi sebesar 91% dan penilaian kepraktisan oleh mahasiswa sebesar 90,6%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Instrumen VST Talempong layak dan praktis untuk digunakan

Keywords


Development, VST Instrument, Talempong, Digital Music

References


A, A. H. (2019). SENI TRADISI DAN KREATIVITAS DALAM KEBUDAYAAN MINANGKABAU. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 67.

Ahmadi, Wahyu Lestari. (2012). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF KOOPERATIF MUSIK RITMIS BERBASIS MULTIMEDIA. Catharsis: Journal of Arts Education, 5.

Cayari, C. (2011). The YouTube Effect: How YouTube Has Provided New Ways to Consume, Create, and Share. International Journal of Education & the Arts, 3.

Fajry Sub’haan Syah Sinaga, E. M. (2019). SOFTWARE SIBELIUS SEBAGAI ALTERNATIF PENULISAN NOTASI MUSIK DI ERA MILLENIAL. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 3.

IED Putra, R. N. (2020). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SENI MUSIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS . Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 73.

Khintar Rajmal Chair, M. T. (2019). Penerapan Keterampilan Memainkan Talempong Kreasi Di Sanggar Saandiko Bukittinggi. Jurnal Sendratasik, 33.

Magnusson, T. (2021). The migration of musical instruments: On the socio-technological conditions of musical evolotion. JOURNAL OF NEW MUSIC RESEARCH, 179.

Media Museum Nusantara, 2022. Alat Musik Talempong: Sejarah, Fungsi, hingga Jenisnya. Museum Nusantara webblog.

Nart, S. (2016). Music Software in the Technology Integrated Music Education. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 80.

Reneta P. Barneva, K. K. (2021). Enhancing Music Industry Curriculum with Digital Technologies: A Case Study. Education Science, 11.

Sinaga, F. S. (2020). MUSIK TRUNTHUNG SEBAGAI WUJUD KEARIFAN LOKAL DALAM KONTEKS PENDIDIKAN SENI. Tonika, 33.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara

Wimbrayardi. (2019). MUSIK TRADISI SEBAGAI SALAH SATU SUMBERPENGEMBANGAN KARYA CIPTA. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 8.


Article Metrics

 Abstract Views : 249 times
 PDF Downloaded : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.