Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Sumedang  Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Sumedang  Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Sumedang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.126610
Full Text: Language : ina
Abstract
Keywords
References
Afiana, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Ejaan dalam Karangan Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1, 68–78. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/451
Azis, S., Andriani, A., & Yunus, N. H. (2021). Analisis Struktural dalam Cerita Rakyat Mandar dengan Pendekatan Robert Stanton Pada Aspek Sarana Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 6(1), 27–30. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JP-BSI/article/view/2019
Fernando, M., Basuki, R., & Suryadi, S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bidang Morfologi Pada Karangan Siswa Kelas Vii, Smpn 11 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.8592
Hamlan, K., & Karim, A. (2018). Analisis Kesalahan Kata Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(3), 1–12. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/10053
Hanny, L., & Dahlan, Z. (2023). Analisis Metode Suku Kata Bagi Siswa Sulit Membaca (Disleksia) pada Sekolah Dasar Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(1), 60–74.
Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1–9.
Ikhlas, M. F., Asrin, A., & Sobri, M. (2023). Analisis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Praya Tengah. 5(4).
Jannah, Y. M., & Trisniawati, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Linguistik Penulisan Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 132–143.
Jumadi, J., Nurcaya, N., Samad, A. G., & Muhlis, M. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Deskripsi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1563–1577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.5028
Kartika, D., Rahayu, P., & Hidayat, E. (2021). Analisis Kesalahan Afiksasi dan Reduplikasi pada Karangan Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 868–878. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk
Leksono, M. L. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pada Tugas Makalah dan Laporan Praktikum Mahasiswa IT Telkom Purwokerto. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 4(2), 116. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v4i2.1106
Metroyadi, M., Rafianti, W. R., & Amelia, R. (2020). Kemampuan Memahami Makna Konsep Kosakata Bidang Ilmu Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), dan Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 46. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i1.110772
Oktaviani, F., Rohmadi, M., & Purwadi. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MIPA. Basastra, Vol. 6(3), 94–109.
Pujo, M. (2019). Penerapan Model Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris di Kelas Tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 74. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106326
Rukayah, Thaba, A., & Mahmut, A. K. (2021). Hubungan Minat Baca dan Penguasaan Kosa Kata terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Kelas VI SDN 24 Macanang. Jurnal Pendidkan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 95–103.
Selamet Rifai, M., & Sulistyaningrum, S. (2022). Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Karangan Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 25–33. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi
Shara, A. W., Kurniaman, O., & Antosa, Z. (2019). Analisis Kemampuan Menentukan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas V Sd Negeri 161 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 346–352. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i2.6658
Solehah, A. M. (2022). Analisis kesalahan penggunaan bahasa dalam karangan teks eksplanasi peserta didik kelas v sdn tegalayu surakarta tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(449), 1–6. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/93976/Analisis-Kesalahan-Penggunaan-Bahasa-dalam-Karangan-Teks-Eksplanasi-Peserta-Didik-Kelas-V-SDN-Tegalayu-Surakarta-Tahun-Ajaran-20212022
Sriyulianingsih, Fahrurrozzi, & Utami, N. C. M. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 360–373. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5329
Widodo, M., Destiani, D., Meirita, S., & ... (2023). Analisis Korpus dalam Mengevaluasi Buku Ajar BIPA Ditinjau dari Sebaran Kata dan Konkordansi. JP-BSI (Jurnal …, 8(1), 19–26. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JP-BSI/article/view/3724
Article Metrics
Abstract Views : 215 timesPDF Downloaded : 58 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.