Analisis Faktor Penyebab Kurang Optimalnya Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 1 Sobokerto, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta  Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.126062
Full Text: Language : ind
Abstract
Keywords
References
Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Alpian, Y., Anggraeni, S., Wiharti, U., & Soleha, N. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 1, 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Ayuni, I. G. A. P. A. S., Kusmariyatni, N., & gusti ngurah Japa, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V.
Budianti, Y., Rikmasari, R., & Oktaviani, D. A. (2023). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 127. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.120545
Danastri, N., & Desiningrum, D. R. (2016). Eksplorasi Pengalaman Stress Pada Individu Yang Berperilaku Bruksisme (Studi Kualitatif Dengan Pendekatan Fenomenologis). Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 5(4), 604–609.
Endang Palupi, Bukman Lian, & Artanti Puspita Sari. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru. Cahaya Pendidikan, 7(1), 51–62.
Habibi, M., Chandra, C., Mahyuddin, R., & Hendri, S. (2018). Validity of Teaching Materials for Writing Poetry Based on Creative Techniques in Elementary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 5(3), 145–154. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i3.14501
Habibi, M., Zikri, A., Chandra, Suriani, A., & Azima, N. F. (2023). Media Papan Cerita Rumpang Berbasis Educational Mobile Game untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 3004–3019. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8193
Lusi Adi Wahyuni, & Sayekti, I. C. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 1–14.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Minsih, & Galih. (2018). Peranan Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 192–210. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a6
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68.
Prasetyo, C. D., Suja’i, I. S., & Asrori, M. A. R. (2021). Pengaruh Gaya Belajar, Minat Belajar, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 1 Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 5744–5752.
Rahmawati, D., & Muhroji, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5790–5798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3140
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Rizal, S. U., Maharani, I. N., Ramadhan, M. N., Rizqiawan, D. W., & Abdurachman, J. (2016). Media Pembelajaran.
Rusdyani, D., & Reinita, R. (2023). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(2), 274–285.
Salani, E., & Jojo, Z. (2023). The Pedagogical Manifestations: A Driver of Teachers’ Practices in Teaching Algebraic Equations. European Journal of Educational Research, 12(1), 15–28. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.1.15
Sukirno Putri, I. Y. V., Parubak, A. S., Gultom, N., & Murtihapsari, M. (2021). Penerapan Model Pbl Berbasis Steam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 106. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10116
Sulaiman. (2022). Pengembangan Kurikulum: (Sebagai Peran Guru Profesional). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3752–3760. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2645
Suyono, & Hariyanto. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar.
Taufik, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam . STAI Bumi Silampari Lubunklinggau. El-Ghiroh, 17(02), 81.
Wijayanti, P., Gunarso, Yuono, T., & Aziz, A. (2022). Evaluasi Saluran Drainase Untuk Pengendalian Banjir Di Jalan Sukowati Sragen. Journal of Civil Engineering and Infrastructure Technology.
Article Metrics
Abstract Views : 162 timesPDF Downloaded : 42 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.