Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik

Ferdiansyah Ferdiansyah(1), Ambiyar Ambiyar(2), Maria Magdalena Zagoto(3), Irdhan Epria Darma Putra(4),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) STKIP Nias Selatan  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang 

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i1.108082

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-learning yang dirancang untuk pengembangan media pembelajaran yang valid, praktis, efektif, efisien serta interaktif. Penelitian ini menggunakan model Four-D yaitu terdiri dari define, design, develop, dan desenmination. Data yang digunakan data primer, data yang langsung dari sumbernya yaitu antara lain pakar sebagai ahli validasi data yang valid, pendidik dan peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh dari pengembangan media sebagai alat yang dapat dimanfaat dalam proses belajar mengajar secara daring. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan (1) Hasil efektifitas yang diperoleh dari perbandingan  pretest dan postes terhadap peserta didik dalam meningkatkan ketuntasan dalam belajar sebesar 50%. (2) Hasil praktikalitas yang diperoleh dari Respon dosen terhadap media yang dikembangkan berbasis elearning sebesar 95 %  dinyatakan “sangat praktis” sedangkan respon mahasiswa terhadap media yang dikembangkan berbasis elearning sebesar 83% dinyatakan “sangat praktis”. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis elearning ini valid, praktis serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Media Pembelajaran, Elearning, Efektifitas Belajar, Praktikalitas

References


Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9-20.

Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.” Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.

Dakhi, O. (2013). Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202. Fajra, M., dkk. (2020). Kupas Tuntas Analisis Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Alfabeta. pp. 1-272.

Dakhi, O., Masril, M., Novalinda, R., Jufrinaldi, J., & Ambiyar, A. (2020). Analisis Sistem Kriptografi dalam Mengamankan Data Pesan Dengan Metode One Time Pad Cipher. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 27-36.

https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.647

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajra, M., M, Mardhiah., Novalinda, R., Ferdiansyah., Dakhi, O (2020). Kupas Tuntas Analisis Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Alfabeta. pp. 1-272.

Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH INKLUSI BERDASARKAN KEBUTUHAN PERSEORANGAN ANAK DIDIK. Jurnal Pendidikan , 21 (1), 51-63. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.746.2020

Fajra, M., Ambiyar, A., Rizal, F., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Kota Padang. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-9. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v14i1.1480

Gee, Efrata. (2019). “KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI ALUR BELAJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 269-277.

https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1267

Hanum, Numiek. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. 3. 10.21831/jpv.v3i1.1584.

Kuswayatno, Lia., Ema, Andhajani., Sutarya dan Triyati. (2007). Mahir Berkomputer. Bandung. Grafindo Media Pratama.

Kustandi, Cecep dan Bambang, Sutjipto.(2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kustanto dan Daniel. (2015). Belajar Jaringan Komputer berbasis Mikrotik OS. Yogyakarta: Gava Media.

Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 2 PADANG. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran , 12 (1), 12-25.

https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i1.956

Mubarok, A. A., Arthur, R., & Handoyo, S. S. (2018). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING MATA KULIAH PTM/JALAN RAYA PENDIDIKAN VOKASIONAL KONSTRUKSI BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2).

Nawawi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media.

Nurrita, Teni. (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa." Jurnal Misykat, (3)1: 171-187. doi:10.33511/misykat.v3i1.52.

Prasetia, F. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal: JKPM, 01 (02), hlm. 257–266.

Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 44–49. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.4.1.2016.44-49.

Rizqyawan, M. I., & Hermawan, G. (2016). Adventure game as learning media for introducing music interval and ear training to kids. Proceedings of the 2015 International Conference on Automation, Cognitive Science, Optics, Micro Electro-Mechanical System, and Information Technology, ICACOMIT 2015, 172–175. https://doi.org/10.1109/ICACOMIT.2015.7440200.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M.M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, 6 (1); 90-96. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.

http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/668

Singh, D. A. K. (2015). Internet Protocol ( IP ) Address–Subnetting and Supernetting. International Journal of Emerging Trends & Technology in Computer Science (IJETTCS), 4(5), 87–90.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Cetakan ke-11). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Resarch and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. D. (2014). The Evaluation of a Moodle Based Adaptive e-Learning System. International Journal of Information and Education Technology, January, 89–92.

https://doi.org/10.7763/ijiet.2014.v4.375

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018.

http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/139

Zagoto, Maria M; Nevi Yarni & Dakhi, O (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/481


Article Metrics

 Abstract Views : 5003 times
 PDF Downloaded : 761 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.