Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-learning yang dirancang untuk pengembangan media pembelajaran yang valid, praktis, efektif, efisien serta interaktif. Penelitian ini menggunakan model Four-D yaitu terdiri dari define, design, develop, dan desenmination. Data yang digunakan data primer, data yang langsung dari sumbernya yaitu antara lain pakar sebagai ahli validasi data yang valid, pendidik dan peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh dari pengembangan media sebagai alat yang dapat dimanfaat dalam proses belajar mengajar secara daring. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan (1) Hasil efektifitas yang diperoleh dari perbandingan pretest dan postes terhadap peserta didik dalam meningkatkan ketuntasan dalam belajar sebesar 50%. (2) Hasil praktikalitas yang diperoleh dari Respon dosen terhadap media yang dikembangkan berbasis elearning sebesar 95 % dinyatakan “sangat praktis” sedangkan respon mahasiswa terhadap media yang dikembangkan berbasis elearning sebesar 83% dinyatakan “sangat praktis”. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis elearning ini valid, praktis serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran.