Gambaran Minat Warga Belajar Mengikuti Kegiatan Randai di Sanggar Seni Mustika Minang Duo Kota Pariaman

Yulidar Yulidar(1), Syuraini Syuraini(2), Ismaniar Ismaniar(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.9489

Full Text:    Language : ind

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan kegiatan randai di Sanggar Seni Mustika Minang Duo Kota Pariaman, terlihat dari banyaknya prestasi yang diraih warga belajar setiap tahun pada kegiatan randai. Penulis menduga disebabkan oleh minat warga belajar yang tinggi mengikuti kegiatan randai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan gambaran minat warga belajar mengikuti kegiatan randai ditinjau dari aspek perhatian, perasaan senang, dan ketertarikan warga belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah warga belajar yang mengikuti kegiatan randai sebanyak 35 orang, sampel diambil sebanyak 72% yaitu 25 orang dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Teknik pengumpul data adalah angket dengan alat pengumpul data berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat warga belajar mengikuti kegiatan randai pada aspek perhatian warga belajar sudah sangat baik, perasaan senang warga belajar sangat baik, dan ketertarikan warga belajar sangat baik.


References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cowley, Sue. (2011). Panduan Manajemen Perilaku Siswa. Jakarta: Erlangga.

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Iskandar, Harun. (2010). Tumbuhkan Minat Kembangkan Bakat. Bandung: ST Book.

Khairani, Makmum. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Martono, Nanang. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sudjana, Djudju. (2008). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.

Suryabrata, Sumadi. (2005). Psikologi Kepribadian. Bandung: Alfabeta.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi Offset.

Zuriah, Nurul. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara


Article Metrics

 Abstract Views : 1206 times
 PDF Downloaded : 635 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.