The Relationship between Indonesian Language Communication Culture in the Social Environment and Indonesian Language Skills of Early Childhood in Tebing Tinggi Village, Tebo Regency

Salsabila Suprihatin(1), Ismaniar Ismaniar(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v13i1.133188

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian di latarbelakangi oleh keterampilan bahasa Indonesia anak usia dini dikategorikan rendah. Hal ini diduga karena penggunaan bahasa daerah yang masih kental, sehingga budaya komunikasi lingkungan sosial kurang mendukung pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran budaya komunikasi berbahasa indonesia di lingkungan sosial dan keterampilan bahasa Indonesia anak usia dini di Kelurahan Tebing Tinggi Kabupaten Tebo serta membuktikan apakah ada hubungan signifikan antara budaya komunikasi berbahasa indonesia di lingkungan sosial dan keterampilan bahasa indonesia anak usia dini Kelurahan Tebing Tinggi Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak usia dini usia 4-6 tahun, berdomisili di RW 03 Bogorejo Kelurahan Tebing Tinggi Kabupaten Tebo yang berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik area random sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang tua. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan: (1) budaya komunikasi berbahasa indonesia di lingkungan sosial di Kelurahan Tebing Tinggi kabupaten tebo belum terlaksana dengan baik,

(2) keterampilan bahasa indonesia anak usia dini di Kelurahan Tebing Tinggi Kabupaten Tebo masih kurang berkembang, (3) terdapat hubungan signifikan antara budaya komunikasi berbahasa indonesia di lingkungan sosial dengan keterampilan bahasa indonesia anak usia dini Kelurahan Tebing Tinggi Kabupaten Tebo.


References


Alianda, N., & Ismaniar, I. (2023). The Relationship between Communication in the Family and the Development of Speech in Children Aged 5-6 Years in RW 03 Patenggangan. SPEKTRUM: JurnalPendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(2), 217.

https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i2.120013

Anggiani, M., & Ayudya, R. D. (2024). Karakteristik Spasial Ruang Interaksi Sosial Penghuni Di Lingkungan Hunian Kampung Kota Tematik Tangerang. Langkau Betang, 11(1), 16–27. https://doi.org/10.26418/lantang.v11i1.69948

Apriani, T., & Sunarti, V. (2020). Intrinsic Motivation of Mothers in Following the Al-Qur’an Recitation at Imaduddin Mosque Kampung Lapai Padang City. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(1), 71–79. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i1.107846

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202

Chairunnisa, S., Putri, R. N., Aprilia, P., & Fauziah, M. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Akusisi Bahasa Alami di Masa Kanak-Kanak Awal. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 316–328.

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Fanny, D., & Surya, F. (2023). Upaya Mengatasi Maraknya Tindakan Bullying

Futri, M. (2024). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. 3(3), 68–78.

Hamid, A., & Andriyani, B. P. (2024). Metode Important Performance Analysis ( IPA ) untuk Menentukan Harapan Konsumen Alfamidi Rancamaya terhadap Kualitas Pelayanan Store Atmosphere. 3, 7532–7549.

Handayani. (2020). Bab Iii Metode Penelitian. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Ibda, H. (2019). Bahasa Indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa: Dilengkapi caturtunggal keterampilan berbahasa. CV. Pilar Nusantara.

Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2021). No Title. 44–65.

Ismaniar, I. (2020). Model Pengembangan Membaca Awal Anak.

Ismaniar, I., & Utoyo, S. (2020). “Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak pada Masa Pandemi Covid 19. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 147–157. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429

Jannah, R., Husniarti, B. S. A., & Anwar, Y. A. S. (2023). Jurnal Asimilasi Pendidikan. 1(2), 136– 143.

Marta, R., Chrisdina, Winangsih, R., Usman, M., Wattimena, G., Adiarsi, G., Mulyasih, R., Stellarosa, Y., Aziz, S., Alexandrina, E., Putri, D., Putri, E., & Ramonita, L. (2024). Komunikasi Antarpersonal (Issue July).

Muslim, M., Almegi, A., Alfiah, A., Akmal, A., & Amelia, H. R. (2021). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di MAS Al-Islam Petala Bumi. El-Jughrafiyah, 1(1), 53. https://doi.org/10.24014/jej.v1i1.14042

Novita Sari, M., & Jalwis, J. (2023). Nilai Dakwah dalam Parno Adat Turun Mandi di Desa Mukai Mudik Kecamatan Siulak Mukai. Journal of Da’wah, 2(1), 83–99. https://doi.org/10.32939/jd.v2i1.2597

Nurhuda, P. (2023). Dampak positif kurikulum merdeka terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia - Repositori Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra (SELASAR) 7, 82–92. http://repository.um.ac.id/4196/

Saputra, P., Solfema, S., & Ismaniar, I. (2018). Hubungan antara Kinerja Kader dengan Partisipasi Peserta dalam Kegiatan Posyandu di Pukesmas Nagari Sungai Tunu Utara Kecamatan Ranah Pesisir. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(3), 388. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.9494

Syafni, M. (2020). Pengaruh Permainan Bingo Dalam Kemampuan Memahami Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelurahan Kampung Jawa 1 Kota Pariaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 273. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109413 Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2021). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 6(3), 1197–1211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1751

Syauqila, G. (2022). Uji Validitas Isi Modul Pembelajaran Kemaritiman Berbasis Perkembangan Kognitif Pada Tahap Pra-Operasional Untuk Peserta Didik Tk A Tk It An-Nahl Percikan Iman Jambi. 1–23.

Syuraini, S., Setiawati, S., & Sunarti, V.. Penyusunan Program Parenting bagi Pengelola dan Pendidik PAUD di Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 112–118. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.13

Yusri, A. Z. dan D. (2020). Kepercayaan Dan Kebudayaan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809– 820.


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.