The Issues of Pancasila and Citizenship Education Learning Practices in Indonesia
(1) Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
(2) Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
(3) Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v12i2.131179
Full Text: Language : en
Abstract
References
Adiansyah, & Widiatmaka, P. (2022). Problematika Guru dalam Memberikan Bimbingan Konseling Siswa untuk Menumbuhkan Karakter Sosial Melalui Pembelajaran PPKn di Era Society 5.0. JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 01-08.
Aisah, R., Masfuah, S., & Rondli, W. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar PPKn di SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 671-685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339
Aisy, D., Abdillah, A., & Santoso. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Jiwa Kebangsaan Bagi Generasi Muda Milenial. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 164-172.
Amelia, S., Hasan, N., & Suhendar, A. (2022). Analisis Permasalahan Pembelajaran Pemdidikan Kewarganegaraan (PKn)Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Rajeg III. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 901-904.
Andita, R., Djuwita, P., & Hasnawati. (2018). Studi Deskriptif Permasalahan Pembelajaran PKn dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V SD 12 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah, 25-33. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.1.26-34
Aritonang, A., Nababan, I., Daely, V., Harahap, P., Aditya, F., & Sihite, S. (2023). Analisis Permasalahan Pembelajaran PPKn Objek Kajian Di SMA Negeri 18 Medan. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 155-161.
Asril, Jaenam, Syahrizal, Armalena, & Yuherman. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1300-1309.
Batu, R., Purba, V., Zawani, N., Bangun, K., Wahyuni, D., Syahputra, B., & Rachman, F. (2023). Hambatan dan Alternatif Solusi: Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Menengah Atas. Interdisciplinary Explorations in Research Journal (IERJ), 131-138.
Gustaman, R., Saputra, K., Paturochman, I., & Sirait, B. (2023). Problematika Pembelajaran Berbasis Project Pada Mata Pelajaran PPKn di Jenjang Pendidikan Dasar. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 162-171.
Putro, A., & Sumardjoko, B. (2023). Faktor Penghambat Critical Thinking Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Mata Pelajaran PPKn. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, 227-234. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16109
Raharjo. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. Jurnal PKn Progresif, 63. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901
Siallagan, A., Sitohang, A., Hutapea, D., Marpaung, R., Tobing, S., Simbolon, T., & Jamaludin. (2023). Problematika Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum Merdeka Di SMAN 7 Medan. Jurnal Profesi Keguruan, 195-207.
Simamora, L., Salam, M., Usmanto, H., & Simaremare, T. (2021). Problematika Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas VII.E Di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Civic Education Perspective Journal, 14-22.
Tutuarima, F., Nindatu, A., & Nadifa, S. (2022). Problematika Civic Dsiposition dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan pada Pembelajaran Daring. Jurnal Kewarganegaraan, 436-443.
Wau, A. (2020). Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kultura, 5063-5070.
Widiastuti, N. (2021). Lunturnya Sikap Nasionalisme Generasi Milenial Terhadap Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. IJSED: Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 80-86. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i2.44
Winarno, Rusnaini, Muchtarom, M., Yuliandari, E., Rasyid, M., & Suryaningsih, A. (2020). Analisis Kesulitan Guru PPKn dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Bhinneka Tunggal Ika. Journal Moral and Civic Education, 97-112. https://doi.org/10.24036/8851412422020510
Article Metrics
Abstract Views : 24 timesPDF Downloaded : 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.