PKBM as an Alternative to Inclusive Education for the Community

Nabila Muthia Rezky Maghfirah(1),
(1) Padang State University  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v12i1.126673

Full Text:    Language : en

Abstract


Pendidikan memiliki peran krusial dalam perkembangan manusia dan masyarakat. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) menjadi alternatif inklusif dalam menyediakan pendidikan bagi semua lapisan masyarakat. PKBM memprioritaskan pemberdayaan dan aksesibilitas pendidikan untuk memajukan kualitas hidup warga belajar, terutama yang terpinggirkan dari pendidikan formal dan individu berkebutuhan khusus. Dengan kurikulum yang inklusif dan program-program beragam, PKBM memberikan pelatihan dan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Meskipun demikian, untuk efektivitasnya, PKBM perlu mendapatkan dukungan dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan kesetaraan bagi masyarakat yang memerlukannya.


References


Andriyani, W. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(3).

Esilvita, E. (2023). Develolopment of Learning Strategi-Based Training Programs. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3).

Gunawan, W., Yunita, D., Zakaria, S., Lesmana, A. C., Sofiatuzahra, N., Maharani, N., Azzahra, N. A., & Syaban, A. M. (2023). Pendirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sebagai Langkah Persiapan Kejar Paket B untuk Masyarakat di Kampung Gunung Bubut, Desa Bandasar. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 4(2).

Hanifah, D. S., Haer, A. B., Widuri, S., & Santoso, M. B. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPP), 2(3).

Irmawati, A. (2017). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam Mengurangi Buta Aksara di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 81–98. https://media.neliti.com/media/publications/196476-none-3f6c667b.pdf

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. Journal of Social Science Teaching, 1(1). journal.stainkudus.ac.id › index.php › Ijtimaia › article › download%0A%0A

Kustawan, D. (2012). Pendidikan Inklusif & Upaya Implementasinya. Luxim.

Laksono, H. D., Afrianita, R., & Novizon, N. (2023). Perencanaan Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika untuk Warga Belajar Paket C Berbasis Open Source (Scilab) di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Karang Putih. Warta Pengabdian Andalas, 30(2).

Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2).

Munifaha, M., & Ardiyansyah, B. (2021). Sinergi Pendampingansebagai Modal Pembelajaran Pendidikan Inklusif di PKBM Yogyakarta. INKLUSI Journal of Disability Studies, 8(2).

Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Mendukung Kesetaraan dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya, 8(1).

Pamungkas, A. H., Sunarti, V., & Wahyudi, W. A. (2018). PKBM dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Hidup Masyarakat Sesuai Target SDG’S. SPEKTRUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(2), 301–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.1452508

Rahmanianto, A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Karakter Bagi Warga Belajar Paket C di PKBM. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(1). http://kolokium.ppj.unp.ac.id/index.php/kolokium-pls/article/view/457

Salim, A. (2010). Pengembangan Model Modifikasi Kurikulum Sekolah Inklusif Berbasis Kebutuhan Individu Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(1).

Septiani, M. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) DALAM Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDN, 10(22).

Sondari, Y., Hamdani, D. I. A., & Nurhayati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Inklusif Pada Program Kesetaraan di PKBM Srikandi. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3).

Susiana, A. (2023). Empowerment of Poor Communities Through Information Technology Based Entrepreneurship Training at Nagari Aia Manggih Utara Youth Center, Lubuk Sikaping District, Pasaman Regency. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(23).

Togatorop, M., Syahfitri, R., Saragih, M. R. F., Sari, W. D. P., Simanjuntak, R. M. Y., Aziz, M. G. R., Rumapea, F. yessi, Yusnadi, & Harahap, F. I. N. (2022). Identifikasi Proses Perencanaan Program PKBM PMI Medan Denai. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(6).

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://dispora.slemankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/UU-Nomor-20-tahun-2003-ttg-sistem-pendidikan-nasional.pdf

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak. VISI: Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2).


Article Metrics

 Abstract Views : 50 times
 PDF Downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.