Efforts to Form Character in Early Children through the Martial Arts of Taekwondo at Dojang SMAN 1 Bonjol
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v12i3.120236
Full Text: Language : en
Abstract
References
’Aziz, H. (2016). Guru Sebagai Role Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Pendidikan Islam dan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2).
Abidin, A. M. (2022). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme dalam Pembelajaran (Studi Pada Anak). An Nisa’, 15(1).
Alfinanda, N. F., & Florean, M. R. (2020). Identifikasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Drumbband. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2).
Ansori, Y. Z., Nahdi, D. S., & Saepuloh, A. H. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3).
Hakam, K. A. (2016). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. UPI Press.
Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Husain, A., Irmawati, I., & Paus, M. (2020). Peran Guru dalam Mengoptimalkan Tugas-Tugas Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1).
Ismaniar, I. (2020). Environmental Print Model Based on Family Stimulation Solutions Ability Reading Initial Children in the Era of Pandemic Virus Dangerous. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(1). https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v8i1.393
Khasanah, N., & Fitri, A. W. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Media Ular Tangga untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter. Refika Aditama.
Mariana, E. (2018). Konsep Multiple Intelligences Howard Gardner dalam Pendidikan Anak Usia Dini.
Maulana, K. (2021). Model Pembelajaran Savi Untuk Tendangan Dolyo Chagi Cabang Olahraga Taekwondo Pada Pemula SD. Universitas Negeri Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud20-2018PenguatanPendidikanKarakter.pdf
Pertiwi, D., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Baca Tulis Hitung untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Ramadani, S., Ismaniar, I., & Sunarti, V. (2018). Hubungan antara Pengelolaan Lingkungan Belajar dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Menurut Wali Murid di PAUD Falamboyan Parit Malintang Kabupaten Padang Pariaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(2), 232. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.10284
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa MTs Plus Karangwangi. Jurnal Prisma, 9(1).
Rohmah, U. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.89
Sudjana, N. (2015). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Balai Pustaka.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanti, D., & Ismaniar, I. (2022). Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Prodi PLS Universitas Nusa Cendana, 2(2).
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Zainuddin, Z., Shujahat, M., Haruna, H., & Chu, S. (2019). The Role of Gamified E-Quizzes on Student Learning and Engagement: An Interactive Gamification Solution for a Formative Assessment System. Computers & Education, 145, 103729. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103729
Article Metrics
Abstract Views : 28 timesPDF Downloaded : 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.