The Relationship Between the Tutor's Learning Approach and Students' Learning Enthusiasm in Package C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat

Annisa Lassura(1), Ismaniar Ismaniar(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i4.120169

Full Text:    Language : en

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya antusias belajar  warga belajar pada paker C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat. Hal ini diduga karena pendekatan belajar tutor yang digunakan kurang cocok. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Mendeskripsikan pendekatan belajar yang digunakan tutor di paket C di PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat, 2. Mendeskripsikan antusias warga belajar di paket C di PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat, 3. Mengetahui hubungan pendekatan belajar dengan antusias belajar warga belajar di paket C di PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif, dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ialah berjumlah 30 warga belajar dan teknik  pengambilan sampel menggunakam Stratified Random Sampling dan diambil sebanyak 70% yaitu 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan  Rank Order. Hasil penelitian menemukan : 1) Gambaran pendekatan belajar tutor di paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat dikategorikan kurang baik; 2) Gambaran antusias warga belajar di paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat dikategorikan rendah; 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan belajar tutor dengan antusias belajar warga belajar di paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat. Selanjutnya saran diharapkan bahwa : 1) Diharapkan kepada tutor agar menggunakan pendekatan yang tepat dalam belajar yang sesuai dengan sasaran / warga belajar yang dihadapi sehingga dapat mendukung kegiatan pembelajaran yang efektif; 2) Diharapkan kepada warga belajar agar dapat lebih antusias dalam mempelajari materi yang diberikan tutor sehingga memperoleh hasil belajar yang lebih maksimal; 3) Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat berinovasi dengan meneliti variabel yang baru sehingga dapat menambah dan memperbanyak variabel yang ada.

References


Abdullah, A. (2018). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, 01(01). https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45

Anjani, E. P., Sari, M. I., & Apriliana, E. (2020). Hubungan antara Lingkungan Belajar dengan Pendekatan Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Medical Profession Journal of Lampung, 10(2).

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Falah, D. M. Al. (2019). Kreatifitas Pembelajaran Tutor dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Warga Belajar di PKBM Al Suroya Kota Metro. IAIN Metro.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.

Fitriani, Y., & Irmawita, I. (2020). Hubungan antara Lingkungan Belajar dengan Motivasi Warga Belajar mengikuti Pelatihan Menyulam di PKBM Surya Kota Padang. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109955

Gunartin, G., Soffiatun, S., & Hayati, H. (2018). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sebagai Tempat Alternatif Menumbuhkan Kemandirian Wirausaha Warga Belajar (Studi Pada PKBM Insan Karya Pamulang Tangerang Selatan). Jurnal Pendidikan, 4(1).

Hardjono, H., Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2016). Model Pemberdayaan PKBM dalam Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Berbasis Luar Sekolah dan Kewirausahaan. Journal Unes, 2(3).

Huda, T. (2016). Penerapan Pendekatan Andragogi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C di PKBM Al-Hikmah Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Plus Unesa, 5(2).

Menka, S., & Aini, W. (2020). Relationship Learning Environment with Learning Motivation Citizens Learn the Package C in XI Class on Computers Subject at PKBM Sakato Bayang Districts Pesisir Selatan. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4).

Monika, & Adman. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jural Pendidikan Managemen Perkantoran, 2(2), 109–116.

Nopaldi, A., & Setiawati, S. (2018). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Warga Binaan pada Keterampilan Menjahit di Panti Sosial Karya Wanita Andam Dewi Solok. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(4), 398–407. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i4.101463

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2).

Rusman, R. (2018). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Senjawati, R. A., & Fakhruddin, F. (2017). Motivasi Warga Belajar Dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Kelompok Belajar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Tunas Bangsa Brebes. Journal of Nonformal Education, 3(1), 40–46.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Ulfah, S., Mustaji, M., & Subroto, W. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2).

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wulandari, T. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelaajaaraan Konstektual Berbasir Media Gambar Terhadap Keteraampilan Menulis Puisi. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Yalni, R., & Jalius, J. (2021). The Relationship between Interest in Following Sewing Training and Learning Results in PKBM Ganting Pesisir Selatan. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(1).

Yanti, V. R., & Vevi, S. (2021). Hubungan Keterampilan Mengajar Tutor dengan Hasil Belajar Pendidikan Kesetaraan Paket C pada Peserta Didik di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Media Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 1394–1403.

Yunita, Y., Siswantoro, S., & Sulistiasih, S. (2019). Hubungan Keaktifan dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Kelas Tinggi. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(8).


Article Metrics

 Abstract Views : 61 times
 PDF Downloaded : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.