The Relationship Between Parental Attention and Social-Emotional Development of Elementary-Age Children
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.114608
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini dasarkan pada fenomena rendahnya perkembangan sosial emosional anak usia sekolah dasar di Jorong Lubuk Ameh. Hal ini diduga karena kurangnya perhatian yang diberikan oleh orang tua di Jorong Lubuk Ameh. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran perkembangan sosial-emosional anak usia sekolah dasar, perhatian orang tua, dan mengungkap hubungan perkembangan sosial-emosional anak usia sekolah dasar di Jorong Lubuk Ameh. Populasi penelitian ini berjumlah 60 orang, sampel yang dipilih sebanyak 30 dengan menggunakan teknik simple randon sampling. Jenis data penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus korelasi Spearman Rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perhatian orang tua terhadap anak rendah; 2) perkembangan sosial emosional anak usia sekolah dasar masih rendah; 3) Melihat hubungan antara perhatian orang terhadap perkembangan sosial emosional anak usia SD di Jorong Lubuk Ameh. Saran : bagi orang tua untuk memperhatikan perkembangan sosial emosional anak agar kedepannya dapat bersosialisasi dengan baik dan dapat mengontrol emosinya dan bagi pihak sekolah agar mengajarkan cara bersosialisasi dengan memberikan tugas kelompok dan memberikan permainan kelompok kepada anak berinteraksi dan mampu mengontrol emosi.
References
Andani, S. Y., & Wahid, S. (2019). DESCRIPTION OF MORAL EDUCATION ACCORDING. SPEKTRUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v2i2.10225
Desvita, I., & Ismaniar, I. (2020). Hubungan Antara Perhatian Orangtua Dengan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Korong Salisikan Nagari Sungai Buluah Timur Batang Anai. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 377. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.110033
Hurlock. (2008). Psikologi Perkembangan. Erlangga Press.
Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Ournal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196.
Maulani, N. H., & Bartin, T. (2021). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran dari Rumah di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 333–341. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/953/857
Melati, P., Setiawati, S., & Solfema, S. (2018). Hubungan antara Perhatian yang Diberikan Orang Tua dengan Tingkat Perkembangan Moral Anak Usia Dini. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 79–92. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.8
Mulyani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(1), 133–147. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i1.1013
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Pramandhika, R., Wira, D., & Kusuma, Y. (2020). The Emotional Intelligence and Age Relationships Towards Basic Movement Locomotor in Kindergarten Students. Journal of Physical Edication and Sports, 9(1), 20–24.
Rahmawati, E. (2011). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Se Kecamatan Dkun Magelang Tahun Ajaran 2010/2011. UNY.
Saputri, A. R. (2015). Pengaruh perhatian orang tua terhadap akhlak siswa MI Nurul Hidayah Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 [Universitas Islam Negeri Walisongo]. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5596
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&B. Alfabeta.
Syuraini. (2016). Penguatan Pendidikan Keluarga Dalam Pembangunan Masyarakat Desa. Syafruddin Wahid. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/623
Wahyuni, S., Syukri, M., & Miranda, D. (2015). Peningkatan perkembangan sosial emosional melalui pemberian tugas kelompok pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–15.
Wenisa, K., & Syuraini, S. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Santri Taman Pendidikan Al- Qur ’ an. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 2921–2926.
Yulianti, & Syuraini. (2018). HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN BUDI PEKERTI REMAJA DI JORONG USAK ALAHAN PANJANG KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK. SPEKTRUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.100501
Yusuf, S. (2007). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung.
Article Metrics
Abstract Views : 337 timesPDF Downloaded : 136 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.