HUBUNGAN ANTARA PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR

Fajri Hamzah(1),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109568

Full Text:    Language : en

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan luar sekolah merupakan kegiatan yang dirancang secara tersusun di luar jalur persekolahan, yang mana kegiatannya dilaksanakan secara sendiri atau membentuk bidang yang bermanfaat untuk mengasah kemampuan serta keterampilan, yang dilaksanakan agar dapat mambantu masyarakat agar tercapai tujuan belajarnya.

TPA lembaga pendidikan islam bersifat nonformal guna membantu orang tua dalam membimbing dan mengajarkan anak-anak memperdalam wawasan dan pengetahuan tentang pendidikan islam. Pendidikan ini tergolong pada jalur pendidikan nonformal yang diorietasikan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan. Pendidikan keagamaan terutama kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran.

Teman sebaya adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi seseorang dalam berbagai hal, seperti salah satunya adalah kedisiplinan, kedisiplinan  yang dimiliki oleh anak mudah dipengaruhi oleh teman sebaya, sebab teman sebaya merupakan seseorang teman yang memiliki usia serta berkembangan yang sama, dan juga memiliki keinginan yang sama dalam menjalin pergaulan dengan anak yang seusia dengannnya.

Sebagai seorang warga belajar, sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan sikap disiplin dalam kegiatan aktivitas pembelajaran. kedisiplinan belajar bertujuan agar aktivitas belajarnya bisa menjadi teratur, hasil memuaskan didapatkannya yang serupa terhadap tujuan yang diinginkan. Pembahasan mengenai disiplin belajar akan berkaitannya dengan motivasi, dorongan, kepribadian dan pengetahuan.

Kata Kunci: TPA dan pendidikan formal.


References


DAFTAR PUSTAKA

Fatma, F., & Badaruddin, K. (2016). Evaluasi Penyelenggaraan Kegiatan TPA An-Naufal Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qurâan di Desa Sekonjing kecamatan Tanjung Raja Ogan Ilir. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 43–58. Retrieved from file:///C:/Users/SONY-PC/AppData/Local/Temp/1065-Article Text-2315-1-10-20170123.pdf

Fitriani, F., & Karim, A. (2017). PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN RELASI SISWA DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SMPN 4 RUMBIO JAYA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 5(1), 96–104. Retrieved from file:///C:/Users/SONY-PC/AppData/Local/Temp/1326-Article Text-3121-1-10-20180326.pdf

Indratmoko, J. A. (2017). Pengaruh Globalisasi Terhadap Kenakalan Remaja Di Desa Sidomukti Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 121–133. https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1646

Kuntoro, S. A. (2006). Pendidikan Nonformal (Pnf) Bagi Pengembangan Sosial. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 1(2), 14–18. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.0102.3

Mesra, E., & Fauziah, F. (2016). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Seksual Remaja. Jurnal Ilmiah Bidan, 1(2), 34–41. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/227205-pengaruh-teman-sebaya-terhadap-perilaku-8ff40727.pdf

Mz, I. (2018). Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i1.915

Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12(2), 159–174. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i2.1135

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 75–105. Retrieved from file:///C:/Users/SONY-PC/AppData/Local/Temp/320-844-1-SM.pdf

Rizka, M. A., & Hardiansyah, R. (2017). Analisis Strategi Fund Raising dalam Penyelenggaraan Program Pendidikan Nonformal pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ceria. Journal of Nonformal Education, 3(2), 165–172. https://doi.org/10.24914/jne.v3i2.10951

Saefudin, A., & Nurizzati, Y. (2018). PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MUNDU KABUPATEN CIREBON. Jurnal Edueksos, VII(1), 1–16. Retrieved from file:///C:/Users/SONY-PC/AppData/Local/Temp/3110-8475-1-PB.pdf

Santoso, A. D. (2014). DISIPLIN SISWA DI MTsN KANIGORO KRASIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN DAN DISIPLIN SISWA DI MTsN KANIGORO KRAS KAB. KEDIRI. Didaktika Religia, 2(1), 21–38. Retrieved from file:///C:/Users/SONY-PC/AppData/Local/Temp/131-499-1-PB.pdf

Setiawan, D., Rusdi, A., & Putri, V. A. (2017). Peran TPA dalam Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an di Masjid Al-Fattah Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 170–184. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1650

Simarmata, S. W., & Karo, F. I. K. (2018). PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG SISWA KELAS X SMK SWASTA SATRIA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Sari. J u r n a l ANSIRU PAI V, 3(1), 63–72. Retrieved from file:///C:/Users/SONY-PC/AppData/Local/Temp/467-554-1-SM.pdf

Winarsih, W., & Saragih, S. (2016). Keharmonisan Keluarga, Konformitas Teman Sebaya dan Kenakalan Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(01), 71–82. https://doi.org/10.30996/persona.v5i01.743

Wirdianti, D., & Setiawati, S. (2018). Gambaran Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran di TPA Surau Nurul Iman di Desa Taratak Kenagarian Sungai Abu Kabupaten Solok. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(4), 417–424. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i4.101710


Article Metrics

 Abstract Views : 3942 times
 PDF Downloaded : 1400 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.