Means of Communication in the Pandemic: Arabic Language Learning Using the Whatsapp Application Media

Elya Nur Hana(1), Muassomah Muassomah(2),
(1) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang  Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v22i2.112974

Full Text:    Language : en

Abstract


Wabah COVID-19 menimbulkan kekhawatiran serius bagi sistem pendidikan global. Upaya untuk menahan COVID-19 mendorong penutupan sekolah tidak terjadwal lebih dari 100 negara di seluruh dunia. COVID-19 berdampak buruk pada pendidikan termasuk gangguan pembelajaran, dan penurunan akses fasilitas pendidikan, sehingga banyak pendidik dan siswa yang mengandalkan teknologi untuk memastikan pembelajaran online yang berkelanjutan selama pandemi COVID-19. Pendidikan online tidak berjalan dengan mulus, namun terhalang oleh infrastruktur yang buruk termasuk masalah jaringan, listrik, tidak dapat diakses dan tidak tersedia fasilitas, serta keterampilan digital yang masih minim. Studi ini akan membahas mengenai whatsapp sebagai salah satu sarana komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Arab di masa pandemic. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dan berlangsung dalam kelas VIII-C MTs Miftahul Ulum yang teletak di Singosari. Data digali dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek COVID-19 mengharuskan pendidikan berbasis WFH (Work From Home, sehingga membutuhkan sarana komunikasi, salah satunya adalah whatsapp, walaupun ada beberapa kendala setidaknya pembelajaran tetap berlangsung secara efektif.


Keywords


Pembelajaran Bahasa Arab, Aplikasi Whatsapp, Komunikasi, Covid-19

References


Barhomi, Choki. 2015. “The Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activity Theory on Students’ Knowledge Management.” Contemporary Educational Technology No 3, Vol.

E, Karwati. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Elektronik (e-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa.” Jurnal Penelitian Komunikasi.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Ilmu Teori Dan Filsafat Komunikasi, Penerbit PT. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Ismanto. 2013. “Komunikasi; Sebagai Sarana Efektif Dalam Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Islam.” 6.

Jumiatmoko, Mr. 2016. “Whatsapp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab.” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 3(1):51. doi: 10.21580/wa.v3i1.872.

Liliweri, Alo. 2009. Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group.

Makarima, Muh Murtaqi. 2019. “Pemanfaatan Aplikasi Daring Media Sosial WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis ICT (Information and Communication Technologies).” Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh) 05(02):135–42.

Maksudin, dan Nurani Qoim. 2018. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab (Teori Dan Praktik). Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Mastur, Muhammad, Mohammad Afifulloh, and Lia Nur Atiqoh Bela Dina. 2002. “Upaya Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” JPMI : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 2(3):72–81.

Morrissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslimah, M. 2020. “Peran Media Sosial Dalam Pendidikan Dan Pengajaran Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19.” AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan 10(Juni):40–59.

Nurjaman, Kadar, dan Khaerul Umam. 2012. Komunikasi & Public Relations. Bandung: Pustaka Setia.

Pimada, Luluk Humairo dan Muhammad Afif Amrulloh. 2020. “Penerapan Media Elektronik Pada Pembelajaran Bahasa Arab.” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1(2):120–28. doi: https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i2.819.

Pranajaya, dan Hendra Wicaksono. 2017. “Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp (WA) Di Kalangan Pelajar (Studi Kasus Di MTs Al Muddatsiriyah Dan MTs Jakarta Pusat).” Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora 7.

Riqza, Meidiana Sahara, and M. Muassomah. 2020. “Media Sosial Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi: Kajian Kualitatif Penggunaan WhatsApp Pada Sekolah Dasar Di Indonesia.” Alsina : Journal of Arabic Studies 2(1):71. doi: 10.21580/alsina.2.1.5946.

Sa`diyah, Halimatus. 2019. “Maharah Al-Kitabah Bagi Mahasiswa Melalui Update Status Pada Media Whatsapp.”.” Al-Af’idah 3.

Siahaan, Matdio. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” Jurnal Kajian Ilmiah 1(1):73–80. doi: 10.31599/jki.v1i1.265.

Vardiansyah, Dani. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. 2nd ed. Jakarta: PT Indeks.

Yuliana. 2020. “Corona Virus Diseases (COVID-19): Sebuah Tinjauan Literatur.” Wellness and Healthy Magazine.


Article Metrics

 Abstract Views : 267 times
 PDF Downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.