MOTIVASI MEMBACA KRITIS TEKS BAHASA ARAB (Analisis Faktor Motivasi Baca bagi mahasiswa Prodi PBA)

Aulia Mustika Ilmiani(1), Sri Normuliati(2),
(1) IAIN Palangka Raya  Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v23i2.112072

Full Text:    Language : id

Abstract


Motivasi memiliki dampak yang kuat pada aspek kognitif dan afektif membaca. Motivasi memengaruhi cara seseorang berpikir, ketika seseorang tertarik pada teks yang mereka baca, pemahaman ia lebih meningkat dibandingkan dengan ketika membaca teks yang tidak ia minati. Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan factor-faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa prodi PBA di IAIN Palangka Raya dalam membaca kritis (pemahaman) teks Arab dalam mata kuliah Maharah Qiraah. Dengan menggunakan metode kualitatif deksriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan documentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dan diabsahkan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada empat factor yang mempengaruhi motivasi baca mahasiswa dalam membaca teks Arab; 1) Kemampuan membaca 2) Kebutuhan membaca 3) Minat atau keinginan pribadi 4) Kondisi dan fasilitas yang mendukung.


References


Amalia, F. N., & Nadya, N. L. (2020). Hubungan Kemampuan Membaca Kritis Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2), Article 2. Http://Univ-Tridinanti.Ac.Id/Ejournal/Index.Php/Didactiquebahasa/Article/View/659

Fulmer, S. M., D’mello, S. K., Strain, A., & Graesser, A. C. (2015). Interest-Based Text Preference Moderates The Effect Of Text Difficulty On Engagement And Learning. Contemporary Educational Psychology, 41, 98–110. Https://Doi.Org/10.1016/J.Cedpsych.2014.12.005

Fulmer, S. M., & Frijters, J. C. (2011). Motivation During An Excessively Challenging Reading Task: The Buffering Role Of Relative Topic Interest. The Journal Of Experimental Education, 79(2), 185–208. Https://Doi.Org/10.1080/00220973.2010.481503

Hamm, J. M., Perry, R. P., Chipperfield, J. G., Hladkyj, S., Parker, P. C., & Weiner, B. (2020). Reframing Achievement Setbacks: A Motivation Intervention To Improve 8-Year Graduation Rates For Students In Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Fields. Psychological Science, 31(6), 623–633. Https://Doi.Org/10.1177/0956797620904451

Heckhausen, J., & Heckhausen, H. (2018). Motivation And Action: Introduction And Overview. In J. Heckhausen & H. Heckhausen (Eds.), Motivation And Action (Pp. 1–14). Springer International Publishing. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-319-65094-4_1

Maziyah, L. (2018). Membaca Kritis Teks Arab Argumentasi: Teori Dan Praktik. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 4(4), 73–81.

Mcgeown, S. P., Duncan, L. G., Griffiths, Y. M., & Stothard, S. E. (2015). Exploring The Relationship Between Adolescent’s Reading Skills, Reading Motivation And Reading Habits. Reading And Writing, 28(4), 545–569. Https://Doi.Org/10.1007/S11145-014-9537-9

Motivational Activities To Improve Reading Skill. A Guide With Motivational Activities Based On Recycling Materials. (N.D.). Retrieved April 1, 2021, From Https://Www.Efdeportes.Com/Efd234/Motivational-Activities-To-Improve-Reading-Skill.Htm

Mulyadi, D. A., Aryanti, N., Aryanti, D., Putri, E. L., & Windari, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Kritis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas X Mipa Ii Sman Iv Karawang. Proceedings Universitas Pamulang, 1(2), Article 2. Http://Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Proceedings/Article/View/4101

Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa Pgsd. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123–132. Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V3i2.35229

Musaffak, M., & Setiawan, A. (2020). Membaca Kritis Sebagai Salah Satu Langkah Antisipasi Misinformasi Di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Senasbasa), 4(1), Article 1. Http://Research-Report.Umm.Ac.Id/Index.Php/Senasbasa/Article/View/3708

Nurmala, D., Sembel, E. A., Sari, H., Simanjuntak, S., & Sephiani, Y. (2020). Kemampuan Membaca Kritis Menggunakan Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Bhinneka Karawang. Proceedings Universitas Pamulang, 1(2), Article 2. Http://Www.Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Proceedings/Article/View/4098

Obregon, S., & Segundo, E. (2019). La Motivación Académica En Relación A Las Estrategias De Aprendizaje En Estudiantes De Primer Y Segundo Año De La Facultad De Tecnología Médica De La Universidad Nacional Federico Villarreal, Lima, Año 2017. Universidad Nacional De Educación Enrique Guzmán Y Valle. Http://Repositorio.Une.Edu.Pe/Handle/Une/4299

Palani, D. K. K. (N.D.). Promoting Reading Habits And Creating Literate Society. 5.

Renninger, K. A, Ewen, L., & Lasher, A. K. (2002). Individual Interest As Context In Expository Text And Mathematical Word Problems. Learning And Instruction, 12(4), 467–490. Https://Doi.Org/10.1016/S0959-4752(01)00012-3

Renninger, K. Ann, & Bachrach, J. E. (2015). Studying Triggers For Interest And Engagement Using Observational Methods. Educational Psychologist, 50(1), 58–69. Https://Doi.Org/10.1080/00461520.2014.999920

Shahriza Abdul Karim, N., & Hasan, A. (2007). Reading Habits And Attitude In The Digital Age: Analysis Of Gender And Academic Program Differences In Malaysia. The Electronic Library, 25(3), 285–298. Https://Doi.Org/10.1108/02640470710754805

Velle, L. La. (2019). Motivation And Provision In Teacher Education: Context, Culture And Capacity. Journal Of Education For Teaching, 45(5), 491–493. Https://Doi.Org/10.1080/02607476.2019.1675356

Yan, S., & Jaeger, T. F. (2020). Expectation Adaptation During Natural Reading. Language, Cognition And Neuroscience, 35(10), 1394–1422. Https://Doi.Org/10.1080/23273798.2020.1784447

Zaripova, M. (2020). To Develop Reading Skills Of Primary Class Pupils. Архив Научных Публикаций Jspi. Https://Science.I-Edu.Uz/Index.Php/Archive_Jspi/Article/View/6357


Article Metrics

 Abstract Views : 445 times
 PDF Downloaded : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.