PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN MUSIK DI SEKOLAH DASAR

Ardipal Ardipal(1), Sonia Septigamandari(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v20i2.106045

Full Text:    Language : in

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan guru dalam mendesain perencanaan  pembelajaran, model yang digunakan sangat terbatas, waktu belajar sangat terbatas, siswa kurang aktif dalam belajar, Kurangnya pemahaman siswa dalam belajar,Kurangnya kreativitas siswa dalam belajar musik dan belajar masih berpusat pada guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi, Wawancara, Dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan 1). Perencanaan dengan menggunakan model Problem Based Instruction guru telah menyiapkan (RPP), namun perlu ditingkatkan lagi baikdari segi penyusunan maupun penerapannya agar tujuan pembelajaran tercapai sesuai dengan apa yang diharap 2) Penggunaan Model Problem BasedInstructionadalah satu cara pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar siswa. 3)Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Penggunaan Model Problem Based Instruction  terbatasnya kemampuan guru dalam mengatur waktu,guru belum dapat membuat semua siswa aktif


Keywords


model problem-based instruction, musik

References


Ambarwangi, Sri, “Multicultural Education in Schools Through Tradition Art Education”

Bungin burhan,2008,Metodelogi Penelitian Kualitatif, Jakarata:Raja Grafindo Persada

Hamdani, 2011,Strategi Belajar Mengajar,Bandung: CV Pustaka Setia

Harun, Cut Zahri, “Pendidikan Komprehensif :,” 2013, 302–8

Indra Sakti, Yuniar Mega Puspasari, dan Eko Risdianto, “Pengaruh model pembalajaran langsung,” X (2012), 1–10

Machali, Imam, “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045,” IIII (2014), 71–94

Moleong,2008,Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:PT Remaja Rosdakary

Ridwan , Musik, Seni, Kurikulum Sekolah, dan Bahasa Indonesia, “PEMBELAJARAN SENI MUSIK TEMATIK SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Universitas Pasundan,” 2 (2016), 18–29

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D,Bandung,Alfabeta

Tika maya kurniadewi, “PENGARUH PERMAINAN MUSIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ISLAM MAKARIMA KARTASURA TAHUN AJARAN 2013/2014,” 2014

Trianto,2009, mendesain Model Pembelajaran Inovatif -Progresif, Jakarta: PT fajar interpratama

Yeni, Indra, “Kesulitan yang ditemui pendidik dalam pembelajaran musik melalui kegiatan menyanyi,” 2009


Article Metrics

 Abstract Views : 206 times
 PDF Downloaded : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.