Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan guru dalam mendesain perencanaan pembelajaran, model yang digunakan sangat terbatas, waktu belajar sangat terbatas, siswa kurang aktif dalam belajar, Kurangnya pemahaman siswa dalam belajar,Kurangnya kreativitas siswa dalam belajar musik dan belajar masih berpusat pada guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi, Wawancara, Dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan 1). Perencanaan dengan menggunakan model Problem Based Instruction guru telah menyiapkan (RPP), namun perlu ditingkatkan lagi baikdari segi penyusunan maupun penerapannya agar tujuan pembelajaran tercapai sesuai dengan apa yang diharap 2) Penggunaan Model Problem BasedInstructionadalah satu cara pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar siswa. 3)Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Penggunaan Model Problem Based Instruction terbatasnya kemampuan guru dalam mengatur waktu,guru belum dapat membuat semua siswa aktif