Meningkatkan Kemampuan Makan Secara Mandiri pada Peserta Didik Down Syndrome melalui Model Pembelajaran Direct Instructions

Hudia Qolbi(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.132716

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik downsyndrome yang terdapat di kelas VI SLB, yaitu permasalahan padakemampuan makan secara mandiri yang masih memerlukan bantuanorang sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakahmodel pembelajaran direct instruction mampu meningkatkankemampuan makan secara mandiri pada peserta didik down syndrome.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dalam bentukSingle Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subjek dalampenelitian ini adalah peserta didik down syndrome di kelas VI SLBN 1Pariaman. Selanjutnya pengumpulan data dengan tes perbuatan danteknik analisis data. Hasil analisis dari 10 kali pengamatan data yangdiperoleh yaitu pada kondisi baseline (A) 39%, 47,8%, 52,1%, 56,5%.Dan hasil pengamatan pada kondisi intervensi (B) adalah 65,2%,65,2%, 69,5%, 78%, 86,9%, 86,9%. Dapat disimpulkan bahwa hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran direct Instructions  mampu meningkatkan kemampuan makan secara mandiripada peserta didik down syndrome.

Keywords


Down syndrome; Direct Instructions; bina diri

References


Anggraeni, Lina Dewi, and Elisa Lbn Gaol. "Pengalaman Orang Tua Dalam Memandirikan Anak dengan Tunagrahita." Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan 3.4 (2019).

Ardiyanto, Singgih. "Meningkatkan kemampuan bina diri melalui analisis tugas pada anak tunagrahita sedang kelas 1 di SLB Limas Padang." Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 3.2 (2014).

Arikunto, S. (2019), Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Gardika, Aniza Dwi. Pengembangan Instrumen Asesmen Bina Diri bagi Anak Tunagrahita di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Diss.Universitas Lampung, 2017.

Kasiyati, Kasiyati. "Meningkatkan Bina Diri bagi Anak Down Syndrom Melalui Model Explicit Instruction di kelas I/C." Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 7.2 (2019): 43-48.

Ligusti, D. S., & Damri, D. (2021). Efektivitas Penggunaaan Metode Direct Instruction untuk Meningkatkan KeterampilanMelukis Henna Pengantin pada Anak Tunarungu Di SLB. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,3(6), 4858-4864.

Marlina. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. Raja Grafindo Persada.

Mayasari, Novi. "Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita Dengan Tipe Down Syndrome." Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak 14.1 (2019): 111-134.

NH, Moch Ilham Sidik, and Hendri Winata. "Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran direct instruction." Jurnal pendidikan Manajemen perkantoran 1.1 (2016): 49-60.

Ni'mah, R. F., & Mintohari. (2015). Model pembelajaran langsung untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan peserta didik sekolah dasar. Jurnal JPGSD, 2(1), 1-13.

Putra, M., & Kasiyati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri Dalam Keterampilan Menggosok Gigi Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(157), 235-242.

Rahmah, Hardiyanti, and Maria Ulfa. "PENERAPAN KEMANDIRIAN DAN KETERAMPILAN HIDUP PADA ANAK DENGAN vDOWN SYNDROME." Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 3.3 (2024): 1184-1198.

Rahmi, Z., Ardisal, A., Zulmiyetri, Z., Arisul, M., & Safarudin, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Membuat Sweet Roll Melalui Metode Direct Instruction Kelas VIII Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24403-24406.

Samiaji, Mukhamad Hamid. "Perkembangan karakter mandiri dan jujur pada anak usia dini." Jurnal ThufuLA 7.2 (2019): 295-308.

Saputri, Maya Aprilia, et al. "Ragam Anak Berkebutuhan Khusus." Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.1 (2023): 38-53.

Saragih, Adelin Australiati, and Budi Andayani. "Buku Panduan Aman untuk Mengajarkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian pada Anak Tunagrahita." Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) 5.2 (2019): 173-184.

Sri, Ramaini and Damri, Damri (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Box File bagi Anak Tunagrahita Ringan. Journal of Basic Education Studies, 4 (1). pp. 1247-1252.

Yudaningsih, N. (2021). Direct instruction. Hak Cipta Buku Kemenkum Dan HAM.


Article Metrics

 Abstract Views : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.