The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik downsyndrome yang terdapat di kelas VI SLB, yaitu permasalahan padakemampuan makan secara mandiri yang masih memerlukan bantuanorang sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakahmodel pembelajaran direct instruction mampu meningkatkankemampuan makan secara mandiri pada peserta didik down syndrome.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dalam bentukSingle Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subjek dalampenelitian ini adalah peserta didik down syndrome di kelas VI SLBN 1Pariaman. Selanjutnya pengumpulan data dengan tes perbuatan danteknik analisis data. Hasil analisis dari 10 kali pengamatan data yangdiperoleh yaitu pada kondisi baseline (A) 39%, 47,8%, 52,1%, 56,5%.Dan hasil pengamatan pada kondisi intervensi (B) adalah 65,2%,65,2%, 69,5%, 78%, 86,9%, 86,9%. Dapat disimpulkan bahwa hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran direct Instructions  mampu meningkatkan kemampuan makan secara mandiripada peserta didik down syndrome.

Keywords


Down syndrome; Direct Instructions; bina diri