Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik downsyndrome yang terdapat di kelas VI SLB, yaitu permasalahan padakemampuan makan secara mandiri yang masih memerlukan bantuanorang sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakahmodel pembelajaran direct instruction mampu meningkatkankemampuan makan secara mandiri pada peserta didik down syndrome.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dalam bentukSingle Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subjek dalampenelitian ini adalah peserta didik down syndrome di kelas VI SLBN 1Pariaman. Selanjutnya pengumpulan data dengan tes perbuatan danteknik analisis data. Hasil analisis dari 10 kali pengamatan data yangdiperoleh yaitu pada kondisi baseline (A) 39%, 47,8%, 52,1%, 56,5%.Dan hasil pengamatan pada kondisi intervensi (B) adalah 65,2%,65,2%, 69,5%, 78%, 86,9%, 86,9%. Dapat disimpulkan bahwa hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran direct Instructions mampu meningkatkan kemampuan makan secara mandiripada peserta didik down syndrome.
Keywords
Down syndrome; Direct Instructions; bina diri