Meningkatkan Kemampuan Makan Secara Mandiri pada Peserta Didik Down Syndrome melalui Model Pembelajaran Direct Instructions
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.132716
Abstract
Keywords
References
Anggraeni, Lina Dewi, and Elisa Lbn Gaol. "Pengalaman Orang Tua Dalam Memandirikan Anak dengan Tunagrahita." Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan 3.4 (2019).
Ardiyanto, Singgih. "Meningkatkan kemampuan bina diri melalui analisis tugas pada anak tunagrahita sedang kelas 1 di SLB Limas Padang." Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 3.2 (2014).
Arikunto, S. (2019), Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Gardika, Aniza Dwi. Pengembangan Instrumen Asesmen Bina Diri bagi Anak Tunagrahita di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Diss.Universitas Lampung, 2017.
Kasiyati, Kasiyati. "Meningkatkan Bina Diri bagi Anak Down Syndrom Melalui Model Explicit Instruction di kelas I/C." Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 7.2 (2019): 43-48.
Ligusti, D. S., & Damri, D. (2021). Efektivitas Penggunaaan Metode Direct Instruction untuk Meningkatkan KeterampilanMelukis Henna Pengantin pada Anak Tunarungu Di SLB. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,3(6), 4858-4864.
Marlina. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. Raja Grafindo Persada.
Mayasari, Novi. "Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita Dengan Tipe Down Syndrome." Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak 14.1 (2019): 111-134.
NH, Moch Ilham Sidik, and Hendri Winata. "Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran direct instruction." Jurnal pendidikan Manajemen perkantoran 1.1 (2016): 49-60.
Ni'mah, R. F., & Mintohari. (2015). Model pembelajaran langsung untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan peserta didik sekolah dasar. Jurnal JPGSD, 2(1), 1-13.
Putra, M., & Kasiyati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri Dalam Keterampilan Menggosok Gigi Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(157), 235-242.
Rahmah, Hardiyanti, and Maria Ulfa. "PENERAPAN KEMANDIRIAN DAN KETERAMPILAN HIDUP PADA ANAK DENGAN vDOWN SYNDROME." Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 3.3 (2024): 1184-1198.
Rahmi, Z., Ardisal, A., Zulmiyetri, Z., Arisul, M., & Safarudin, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Membuat Sweet Roll Melalui Metode Direct Instruction Kelas VIII Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24403-24406.
Samiaji, Mukhamad Hamid. "Perkembangan karakter mandiri dan jujur pada anak usia dini." Jurnal ThufuLA 7.2 (2019): 295-308.
Saputri, Maya Aprilia, et al. "Ragam Anak Berkebutuhan Khusus." Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.1 (2023): 38-53.
Saragih, Adelin Australiati, and Budi Andayani. "Buku Panduan Aman untuk Mengajarkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian pada Anak Tunagrahita." Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) 5.2 (2019): 173-184.
Sri, Ramaini and Damri, Damri (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Box File bagi Anak Tunagrahita Ringan. Journal of Basic Education Studies, 4 (1). pp. 1247-1252.
Yudaningsih, N. (2021). Direct instruction. Hak Cipta Buku Kemenkum Dan HAM.
Article Metrics
Abstract Views : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.