Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda Melalui Penggunaan Metode Silabel Berbasis Game Edukasi Pada Anak Disabilitas Intelektual

Azila Salsabila(1), Asep Ahmad Sopandi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130403

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini didasarkan oleh rendahnya kemampuan membaca pada anak disabilitas intelektual di kelas IV SLB Negeri Kota Sungai Penuh. Penelitian bertujuan untuk  membuktikan apakah metode silabel berbasis game edukasi dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak disabilitas intelektual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Pengukuran dilakukan dengan mencatat kejadian menggunakan daftar checklist berisi 10 kata benda dan dihitung menggunakan persentase. Penelitian dilakukan dalam dua fase: fase baseline dan fase intervensi. Pada fase baseline, yang berlangsung selama 3 pertemuan, peserta didik memperoleh persentase nilai 0% karena tidak ada kata benda yang benar dibaca. Pada fase intervensi, yang berlangsung selama 12 pertemuan, peserta didik diberi perlakuan dengan metode silabel berbasis game edukasi. Dalam fase ini, nilai peserta didik meningkat secara signifikan dengan persentase nilai pada pertemuan pertama yaitu 30% dan pada pertemuan terakhir 100%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak disabilitas intelektual meningkat setelah penerapan metode silabel berbasis game edukasi.

Keywords


Membaca, Metode silabel, Game Edukasi, Disabilitas Intelektual

References


Asmiati, N. (2013). Meningkatkan Kempuan Membaca Permulaan Pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Metode Kupas Rangkai dengan Teknik Reposisi Bunyi. Jurnal EMBA, 1(4), 78–85.

Herman, H., Saleh, S., & Islami, N. M. (2017). Penerapan Media Aplikasi Education Games Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak di Taman Kanak-Kanak. Seminar Nasional LP2M UNM, 2(1), 481–486.

Müller, B., Richter, T., & Karageorgos, P. (2020). Syllable-based reading improvement: Effects on word reading and reading comprehension in Grade 2. Learning and Instruction, 66(April), 101304. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101304

Ratz, C., & Lenhard, W. (2013). Reading skills among students with intellectual disabilities. Research in Developmental Disabilities, 34(5), 1740–1748. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2013.01.021

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. https://doi.org/10.1177/003755007200300206

Sonia, & Sarju Devi, S. (2023). People With Intellectual Disabilities-an Approach Towards Management Issues. International Journal of Advanced Research, 11(11), 1125–1130. https://doi.org/10.21474/ijar01/17918

Sundari, K., Yudhi, B., & Mutaqin, M. R. (2015). Gredio Aplikasi Belajar Membaca Untuk Anak Tunagrahita Dengan Metode Fonetis.

Suyadi, S., & Sari, R. P. (2021). Penggunaan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 009 Tarakan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 174. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.49800

Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1040


Article Metrics

 Abstract Views : 52 times
 PDF Downloaded : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.