The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini didasarkan oleh rendahnya kemampuan membaca pada anak disabilitas intelektual di kelas IV SLB Negeri Kota Sungai Penuh. Penelitian bertujuan untuk  membuktikan apakah metode silabel berbasis game edukasi dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak disabilitas intelektual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Pengukuran dilakukan dengan mencatat kejadian menggunakan daftar checklist berisi 10 kata benda dan dihitung menggunakan persentase. Penelitian dilakukan dalam dua fase: fase baseline dan fase intervensi. Pada fase baseline, yang berlangsung selama 3 pertemuan, peserta didik memperoleh persentase nilai 0% karena tidak ada kata benda yang benar dibaca. Pada fase intervensi, yang berlangsung selama 12 pertemuan, peserta didik diberi perlakuan dengan metode silabel berbasis game edukasi. Dalam fase ini, nilai peserta didik meningkat secara signifikan dengan persentase nilai pada pertemuan pertama yaitu 30% dan pada pertemuan terakhir 100%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak disabilitas intelektual meningkat setelah penerapan metode silabel berbasis game edukasi.

Keywords


Membaca, Metode silabel, Game Edukasi, Disabilitas Intelektual