Efektifitas Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Pada Anak Tunagrahita Ringan

Latifah Sitepu(1), Arisul Mahdi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130292

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang dialami oleh anak mengalami masalah dalam mengabungkan huruf menjadi kata, seperti: ba dibaca da, sa dibaca ja, kemudian anak mengalami hambatan dalam membaca suku kata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca kata melalui media kartu bergambar bagi pada anak tunagrahita ringan kelas VII di SLBIT Sahabat Al Qur’an Binjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi dengan teman sejawat bertindak sebagai observer yang mengamati aktivitas peneliti dan kegiatan tindakan dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan dengan waktu satu kali pertemuan 60 menit. Hasil penelitian pada siklus I nilai yang diperoleh NW dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 35%, 40%, 45%, dan 50%, dan RM memperoleh nilai 40%, 45%, 50%, dan 50%. Sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat secara signifikan, nilai yang diperoleh NW dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 55%, 70%, 85%, dan 90%. Sedangkan RM memperoleh nilai 60%, 80%, 90%, dan 95%. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak tunagrahita ringan kelas VII di SLBIT Sahabat Al Qur’an Binjai.


Keywords


Kartu Bergambar, Membaca kata, Tunagrahita Ringan

References


Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Annisa, K. N. (2022). Penggunaan kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan murid autis kelas III di SLB Negeri 1 Makassar.

Anitah W., Sri, et al. (2017): Strategi Pembelajaran di SD, Banten: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Damri, Zulmiyetri, & A Sabri. (2018). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui multimedia interaktif bagi anak disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. https://scholar.google.co.id/citations? view_op=view_citation&hl=id&user=M34PHXEAAAAJ&citation_for_view

=M34PHXEAAAAJ:Tyk-4Ss8FVUC

Damri, Yulita P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Gambar bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas III di SD Negeri 33 Kalumbuk. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus.

Enny, Zubaidah. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa dan Cara Mengatasinya. Diakses dari http://staff,uny.ac.id. Pada tanggal 6 Juni 2015.

Fransiska. JMM & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media kartu bergambar bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research kelas VII SMP SLBIT sahabat Al Qur’an Binjai). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/119450. Mutmainnah, H. (2018). Pengaruh penggunaan metode suku kata terhadap hasil belajar keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 177 Lo’ko

kecamatan Masalle kabupaten Enrekang. Jurnal Pendidikan Faklutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hasan. S, Sukarno. (2021). Media Kartu Bergambar Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 04, No. 01 (2021).

https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/mitra-ash-syibyan

Hasriani, Nasaruddin, & Ahmad. S. (2022). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II. PINISI. Jounal Of Education. http://eprints.unm.ac.id/33778/1/HASRIANI-

-ARTIKEL.pdf

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran, Yogyakarta : Diva Press

Kustiawan, Usep. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Penerbit Gunung Samudera.

Ummah. K, & Mahdi. A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Wordwallbagi Anak Tunagrahita

Ringan. Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023 https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9046/7386

Lexy. Moleong, J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif,Cet 31,Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mangunsong, Frieda. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok : LPSP3 UI.

Martinis, Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press & Center for Learning Innovation.

Ningsih, Rahayuni. (2015). Pengembangan Media Flipchart Pada Pembelajaran Menjahit Rok Lipit Hadap Bagi Siswa Tunagrahita Kelas XI di SMALBN Pembina Yogyakarta. Jurnal Ilmiah.

Nunuk, Suryani, dkk. (2018). Media Pembeljaarann Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurmeliawati, Tia. (2016). Modul guru pembelajar SLB Tunagrahita kelompok kompetensi B. PPPPTK TK dan PLB. BANDUNG: Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan

Puji, Nurlaelawati, (2014).Pengaruh media kartu kata fokus warna dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca permulaan anak tunagrahita ringan.Universitas Pendidikan Indonesia repository.upi.edu

Sadidah, S. (2013). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengenal Konsep Bilangan Dan Lambang

Bilangan 1-10 Pada Siswa Kelompok A Tk Krisnamurti III Surabaya. PAUD Teratai, 2(2).

Sanjaya. W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Media Grup.

Sanjaya. W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyadi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Tiwik. W. (2014). Penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dinidi ra uswatun hasanah trenten candimulyo kabupaten magelang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Widyastuti, Ana. (2017). Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Yusniar & Mahdi. A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kartu Angka Bergambar Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/ jupekhu/article/view/119133.

Zainidar. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 dengan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Bergambar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN Kota Jambi. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 41.

Zuriah, Nurul. (2003). Penelitian Tindakan Dalam Bidang Pendidikan Dan Sosial. Malang: Bayu Media


Article Metrics

 Abstract Views : 44 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.