The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang dialami oleh anak mengalami masalah dalam mengabungkan huruf menjadi kata, seperti: ba dibaca da, sa dibaca ja, kemudian anak mengalami hambatan dalam membaca suku kata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca kata melalui media kartu bergambar bagi pada anak tunagrahita ringan kelas VII di SLBIT Sahabat Al Qur’an Binjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi dengan teman sejawat bertindak sebagai observer yang mengamati aktivitas peneliti dan kegiatan tindakan dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan dengan waktu satu kali pertemuan 60 menit. Hasil penelitian pada siklus I nilai yang diperoleh NW dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 35%, 40%, 45%, dan 50%, dan RM memperoleh nilai 40%, 45%, 50%, dan 50%. Sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat secara signifikan, nilai yang diperoleh NW dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 55%, 70%, 85%, dan 90%. Sedangkan RM memperoleh nilai 60%, 80%, 90%, dan 95%. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak tunagrahita ringan kelas VII di SLBIT Sahabat Al Qur’an Binjai.


Keywords


Kartu Bergambar, Membaca kata, Tunagrahita Ringan