Efektifitas Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Pada Anak Tunagrahita Ringan
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130292
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang dialami oleh anak mengalami masalah dalam mengabungkan huruf menjadi kata, seperti: ba dibaca da, sa dibaca ja, kemudian anak mengalami hambatan dalam membaca suku kata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca kata melalui media kartu bergambar bagi pada anak tunagrahita ringan kelas VII di SLBIT Sahabat Al Qur’an Binjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi dengan teman sejawat bertindak sebagai observer yang mengamati aktivitas peneliti dan kegiatan tindakan dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan dengan waktu satu kali pertemuan 60 menit. Hasil penelitian pada siklus I nilai yang diperoleh NW dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 35%, 40%, 45%, dan 50%, dan RM memperoleh nilai 40%, 45%, 50%, dan 50%. Sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat secara signifikan, nilai yang diperoleh NW dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 55%, 70%, 85%, dan 90%. Sedangkan RM memperoleh nilai 60%, 80%, 90%, dan 95%. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak tunagrahita ringan kelas VII di SLBIT Sahabat Al Qur’an Binjai.
Keywords
References
Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Annisa, K. N. (2022). Penggunaan kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan murid autis kelas III di SLB Negeri 1 Makassar.
Anitah W., Sri, et al. (2017): Strategi Pembelajaran di SD, Banten: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Damri, Zulmiyetri, & A Sabri. (2018). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui multimedia interaktif bagi anak disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. https://scholar.google.co.id/citations? view_op=view_citation&hl=id&user=M34PHXEAAAAJ&citation_for_view
=M34PHXEAAAAJ:Tyk-4Ss8FVUC
Damri, Yulita P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Gambar bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas III di SD Negeri 33 Kalumbuk. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus.
Enny, Zubaidah. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa dan Cara Mengatasinya. Diakses dari http://staff,uny.ac.id. Pada tanggal 6 Juni 2015.
Fransiska. JMM & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media kartu bergambar bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research kelas VII SMP SLBIT sahabat Al Qur’an Binjai). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/119450. Mutmainnah, H. (2018). Pengaruh penggunaan metode suku kata terhadap hasil belajar keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 177 Lo’ko
kecamatan Masalle kabupaten Enrekang. Jurnal Pendidikan Faklutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hasan. S, Sukarno. (2021). Media Kartu Bergambar Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 04, No. 01 (2021).
https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/mitra-ash-syibyan
Hasriani, Nasaruddin, & Ahmad. S. (2022). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II. PINISI. Jounal Of Education. http://eprints.unm.ac.id/33778/1/HASRIANI-
-ARTIKEL.pdf
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran, Yogyakarta : Diva Press
Kustiawan, Usep. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Penerbit Gunung Samudera.
Ummah. K, & Mahdi. A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Wordwallbagi Anak Tunagrahita
Ringan. Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023 https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9046/7386
Lexy. Moleong, J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif,Cet 31,Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mangunsong, Frieda. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok : LPSP3 UI.
Martinis, Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press & Center for Learning Innovation.
Ningsih, Rahayuni. (2015). Pengembangan Media Flipchart Pada Pembelajaran Menjahit Rok Lipit Hadap Bagi Siswa Tunagrahita Kelas XI di SMALBN Pembina Yogyakarta. Jurnal Ilmiah.
Nunuk, Suryani, dkk. (2018). Media Pembeljaarann Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurmeliawati, Tia. (2016). Modul guru pembelajar SLB Tunagrahita kelompok kompetensi B. PPPPTK TK dan PLB. BANDUNG: Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan
Puji, Nurlaelawati, (2014).Pengaruh media kartu kata fokus warna dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca permulaan anak tunagrahita ringan.Universitas Pendidikan Indonesia repository.upi.edu
Sadidah, S. (2013). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengenal Konsep Bilangan Dan Lambang
Bilangan 1-10 Pada Siswa Kelompok A Tk Krisnamurti III Surabaya. PAUD Teratai, 2(2).
Sanjaya. W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Media Grup.
Sanjaya. W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suyadi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Tiwik. W. (2014). Penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dinidi ra uswatun hasanah trenten candimulyo kabupaten magelang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Widyastuti, Ana. (2017). Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Yusniar & Mahdi. A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kartu Angka Bergambar Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/ jupekhu/article/view/119133.
Zainidar. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 dengan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Bergambar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN Kota Jambi. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 41.
Zuriah, Nurul. (2003). Penelitian Tindakan Dalam Bidang Pendidikan Dan Sosial. Malang: Bayu Media
Article Metrics
Abstract Views : 44 timesPDF Downloaded : 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.