Meningkatkan Keseimbangan Berjalan Menggunakan Permainan Jejak Kaki pada Anak Tunadaksa di SLB YPPC Painan

Nadilla Putri Efendi(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.128718

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seorang  anak tunadaksa memiliki gangguan dalam keseimbangan berjalannya di SLB YPPC Painan. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa “permainain jejak kaki dapat untuk meningkatkan keseimbangan berjalan pada anak tunadaksa di SLB YPPC Painan.” Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan menggunakan desain ABA.Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokummentasi. alat pengumpuan data berupa instrumen tes yang dikumpulkan melalui video dan dokumentasi selama penelitian. Subjek penelitian adalah anak tunadaksa di SLB YPPC Painan.Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak empat kali pengamatan dengan perolehan persentase stabil 43%. Pada kondisi Intervensi (B)  dilakukan sebanyak delapan kali pengamatan dengan  perolehan persentase stabil 86%. Pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan sebanyak empat kali pengamatan dengan perolehan persentase stabil 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan jejak kaki dapat meningkatkan keseimbangan berjalan pada anak tunadaksa

Keywords


keseimbangan berjalan, permainan jejak kaki, anak tunadaksa.

References


atmaja, j. r. (2018). pendidikan dan bimbingan anak berkebutuhan khusus. bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Fauzia, Y. (2012). Efektifitas bermain berjalan di atas jejak kaki untuk meningkatkan keseimbangan anak autisme. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS), 1(1), 225–236. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Hasliza, P., & Anisa, N. (2020). Pengembangan Permainan Jelajah Telapak Kaki Ceria Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 26–35.

Marlina. (2021). Singel Subject Research Penelitian subjek tunggal (I. Vidyafi (ed.)). PT. RajaGRAFINDO Persada.

Nurlailah, R., Amal, A., & Asti, A. S. W. (2022). Pengaruh Permainan Jejak Kaki Terhadap Kemampuan Motorik Ksar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mandiri Pitue. Indonesian Journal of Early Childhood, x. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1315

Yuwono, I. (2020). Penelitian SSR (single Subject Research) Buku 1. Universitas Lambung Mangkurat.


Article Metrics

 Abstract Views : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.