EFEKTIVITAS METODE FERNALD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Manda Pratama(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.128143

Abstract


Anak tunagrahita ringan mengalami masalah kecerdasan yang ditandai dengan intelegensinya di bawah rata-rata dan ketidakmampuan dalam interaksi sosial. Akibatnya, mereka sulit belajar dan kemampuan akademis seperti membaca. Permasalah dalam membaca pada anak tunagrahita ringan sangat beragam seperti permasalahan dalam membaca kata sederhana yang terdapat konsonan rangkap. Kesalahan dalam membaca tentu harus dicarikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan belajar anak seperti merefleksi kembali apakah pemilihan metode pembelajaran pada anak sudah dapat memfasilitasi modalitas belajarnya. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk membaca yaitu metode fernald, metode ini melibatkan keterpaduan indera visual, taktil, kinestetik dan auditori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah single subject research (SSR) dengan desain A-B-A’ Subyek dalam penelitian berinisial KKA kelas V SLB YPPLB Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode fernald efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca bagi anak tunagrahita ringan.

Keywords


Fernald; membaca; tunagrahita ringan

References


Amelia, H. (2020). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Boneka dari Kaus Kaki bagi Anak Tunagrahita Ringan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 136–143.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).

Makankama, K. M. (2022). MAKANKAMA, KRISTIANA MERIATI. "Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Fernald Atau Vakt Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar VI SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Nainggolan, D., Sumarsih, & D, D. (2017). Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Di Paud Mekar Sari Penarik Mukomuko. Jurnal Potensia, 2(1), 71–78.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127–137.

Rochyadi, E. (2012). Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita (M. P. U. P. I. tidak Diterbitkan. (ed.)).

Rumapea, M., & Zulmiyetri. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Multimedia Interaktif Ruba Bagi Anak Disleksia Kelas III Di SDN 153068 Pinangsori 1. Juppekhu, 9(2), 77–85.

Safaruddin, Nurhastuti, Fatmawati, & Silitonga, E. C. (2018). Penerapan Metode Survey , Question , Read , Recite , Review ( Sq3R ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 1–5.

Sandjaja, M. (2022). Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan dan Menulis Anak Tuna Grahita Ringan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i1.613

Syaifuddin, A. (2020). Penggunaan Metode Fernald Untuk Meningkatkan Prestasi Membaca Braille Bagi Siswa Tunanetra Kelas II Di SLB-A TPA Jember Semester II Tahun Ajaran 2016/2017. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(1), 12–16.

Ukhti, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Metode Fernald Pada Anak Disleksia. Universitas Negeri Padang.


Article Metrics

 Abstract Views : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.