Abstract
Anak tunagrahita ringan mengalami masalah kecerdasan yang ditandai dengan intelegensinya di bawah rata-rata dan ketidakmampuan dalam interaksi sosial. Akibatnya, mereka sulit belajar dan kemampuan akademis seperti membaca. Permasalah dalam membaca pada anak tunagrahita ringan sangat beragam seperti permasalahan dalam membaca kata sederhana yang terdapat konsonan rangkap. Kesalahan dalam membaca tentu harus dicarikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan belajar anak seperti merefleksi kembali apakah pemilihan metode pembelajaran pada anak sudah dapat memfasilitasi modalitas belajarnya. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk membaca yaitu metode fernald, metode ini melibatkan keterpaduan indera visual, taktil, kinestetik dan auditori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah single subject research (SSR) dengan desain A-B-A’ Subyek dalam penelitian berinisial KKA kelas V SLB YPPLB Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode fernald efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca bagi anak tunagrahita ringan.
Keywords
Fernald; membaca; tunagrahita ringan