Pengembangan Alat Pengingat Waktu Sholat Dengan Metode Getaran Dan Cahaya Untuk Meningkatkan Ketaatan Sholat Bagi Anak Tunarungu

Kasmi Nurmaili Miniarti(1), Arisul Mahdi(2), Iga Setia Utami(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i1.127365

Full Text:    Language : 

Abstract


Tunarungu dapat diartikan sebagai suatu keadaan kehilangan pendengaran yang mengakibatkan seseorang tidak dapat menangkap berbagai rangsangan, terutama melalui indera pendengarannya. Anak tunarungu memiliki kelainan dalam segi fisik yang biasanya akan menyebabkan suatu kelainan dalam penyesuaian diri terhadap lingkungan sosialnya. Dengan demikian akan menimbulkan dampak dan masalah kepada anak tunarungu. Pendengaran ini sangat berpengaruh terhadap aktivitas anak tunarungu dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam mengetahui waktu sholat masuk. Anak tentu tidak bisa mendengar suara adzan berkumandang. Penulisan ini bertujuan untuk membantu anak tunarungu dalam mengingatkan waktu sholat masuk sehingga memudahkan anak mengetahui tanda bahwa waktu sholat sudah masuk. Alat ini telah digunakan dengan baik oleh tunarungu dan sangat membantu anak mengingatkan waktu sholat lima waktu bagi anak tunarungu

Keywords


Tunarungu, Alat Pengingat Waktu Sholat

References


Alimin, Z dan Permanarian. 2005. Reorientasi Pemahaman Konsep Special Education ke Konsep Needs Education dan Implikasinya Layanan Pendidikan. Bandung Jassi Astiti. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/5744/366

Nizar, Moh. 1988, Metode Penelitian , Jakarta: Ghalia Indonesia. http://eprints.uny.ac.id/66123/3/BAB%20II.pdf. Woolfolk, Anita E. 2004. Mendidik Anak-Anak Bermasalah, Depok: Inisiasi Press. https://eprints.uny.ac.id/9894/3/BAB%202%20- %2008103244025.pdf.

Widjaya Ardhy. (2012). Memahami Anak Tunarungu.Yogyakarta: Familia (Grup Relasi Inti Media, Anggota IKAPI).


Article Metrics

 Abstract Views : 32 times
 PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.