Pengembangan Alat Pengingat Waktu Sholat Dengan Metode Getaran Dan Cahaya Untuk Meningkatkan Ketaatan Sholat Bagi Anak Tunarungu
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i1.127365
Full Text: Language :
Abstract
Tunarungu dapat diartikan sebagai suatu keadaan kehilangan pendengaran yang mengakibatkan seseorang tidak dapat menangkap berbagai rangsangan, terutama melalui indera pendengarannya. Anak tunarungu memiliki kelainan dalam segi fisik yang biasanya akan menyebabkan suatu kelainan dalam penyesuaian diri terhadap lingkungan sosialnya. Dengan demikian akan menimbulkan dampak dan masalah kepada anak tunarungu. Pendengaran ini sangat berpengaruh terhadap aktivitas anak tunarungu dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam mengetahui waktu sholat masuk. Anak tentu tidak bisa mendengar suara adzan berkumandang. Penulisan ini bertujuan untuk membantu anak tunarungu dalam mengingatkan waktu sholat masuk sehingga memudahkan anak mengetahui tanda bahwa waktu sholat sudah masuk. Alat ini telah digunakan dengan baik oleh tunarungu dan sangat membantu anak mengingatkan waktu sholat lima waktu bagi anak tunarungu
Keywords
Tunarungu, Alat Pengingat Waktu Sholat
References
Alimin, Z dan Permanarian. 2005. Reorientasi Pemahaman Konsep Special Education ke Konsep Needs Education dan Implikasinya Layanan Pendidikan. Bandung Jassi Astiti. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/5744/366
Nizar, Moh. 1988, Metode Penelitian , Jakarta: Ghalia Indonesia. http://eprints.uny.ac.id/66123/3/BAB%20II.pdf. Woolfolk, Anita E. 2004. Mendidik Anak-Anak Bermasalah, Depok: Inisiasi Press. https://eprints.uny.ac.id/9894/3/BAB%202%20- %2008103244025.pdf.
Widjaya Ardhy. (2012). Memahami Anak Tunarungu.Yogyakarta: Familia (Grup Relasi Inti Media, Anggota IKAPI).
Article Metrics
Abstract Views : 100 timesPDF Downloaded : 36 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.