Meningkatkan Kemampuan Mengetik Sepuluh Jari dengan Metode Drill Berbasis Microsoft Word pada Anak Tunarungu Kelas X Di SLBN 2 Padang

Muhammad Fauzan Ardiyus(1), Arisul Mahdi(2), Martias Z(3), SAFARUDDIN SAFARUDDIN(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1257820.64

Full Text:    Language : en, id    Language : en, id

Abstract



Penelitian ini membahas tentang kemampuan mengetik sepuluh jari menggunakan
metode drill yang berbasis Microsoft word pada anak tunarungu di SLBN 2 Padang.
Subjek penelitian ini adalah anak tunarungu di kelas X SLBN 2 Padang. Penelitian
ini menggunakan desain eksperimen A-B-A dan metodologi penelitian subjek
tunggal. Tiga kondisi membentuk desain A-B-A: Baseline (A), Intervensi (B), dan
Baseline (A2). Daftar periksa digunakan untuk memfasilitasi pengujian tindakan,
wawancara, dan pengamatan selama proses pengumpulan data. Melalui penggunaan
alat analisis visual grafis, data penelitian diperiksa. Kapasitas untuk mengetik dengan
sepuluh jari meningkat setelah intervensi atau pengobatan dalam bentuk metode
drill, sesuai dengan temuan penelitian.


Keywords


Mengetik Sepuluh Jari, Tunarungu, Metode Drill

References


Haenudin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Luxima Metro Media.

Junaidi, A., Utami, Y. T., Sakethi, D., & Pribadi, I. A. (2020). Pelatihan mengetik cepat dengan metode kanang di desa

tambah dadi, kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)

TABIKPUN, 1(1), 31–38.

Kemendikbud. (2013). Otomatisasi Perkantoran 1 Bahan Ajar Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Program

Keahlian Administrasi Perkantoran (Depok). Direktorat Pembinaan SMK.

Mawarti, B. R. P., & Pamungkas, P. D. A. (2019). Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Mengetik Dengan

Menggunakan Metode Drill di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Trakanita Jakarta. Jurnal

Administrasi Dan Kesekretarisan, 4, 20–39.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV, Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 21 times
 PDF Downloaded : 37 times  PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.