Meningkatkan Kemampuan Mengetik Sepuluh Jari dengan Metode Drill Berbasis Microsoft Word pada Anak Tunarungu Kelas X Di SLBN 2 Padang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1257820.64
Full Text: Language : en, id Language : en, id
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kemampuan mengetik sepuluh jari menggunakan
metode drill yang berbasis Microsoft word pada anak tunarungu di SLBN 2 Padang.
Subjek penelitian ini adalah anak tunarungu di kelas X SLBN 2 Padang. Penelitian
ini menggunakan desain eksperimen A-B-A dan metodologi penelitian subjek
tunggal. Tiga kondisi membentuk desain A-B-A: Baseline (A), Intervensi (B), dan
Baseline (A2). Daftar periksa digunakan untuk memfasilitasi pengujian tindakan,
wawancara, dan pengamatan selama proses pengumpulan data. Melalui penggunaan
alat analisis visual grafis, data penelitian diperiksa. Kapasitas untuk mengetik dengan
sepuluh jari meningkat setelah intervensi atau pengobatan dalam bentuk metode
drill, sesuai dengan temuan penelitian.
Keywords
References
Haenudin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Luxima Metro Media.
Junaidi, A., Utami, Y. T., Sakethi, D., & Pribadi, I. A. (2020). Pelatihan mengetik cepat dengan metode kanang di desa
tambah dadi, kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)
TABIKPUN, 1(1), 31–38.
Kemendikbud. (2013). Otomatisasi Perkantoran 1 Bahan Ajar Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Program
Keahlian Administrasi Perkantoran (Depok). Direktorat Pembinaan SMK.
Mawarti, B. R. P., & Pamungkas, P. D. A. (2019). Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Mengetik Dengan
Menggunakan Metode Drill di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Trakanita Jakarta. Jurnal
Administrasi Dan Kesekretarisan, 4, 20–39.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV, Alfabeta.
Article Metrics
Abstract Views : 38 timesPDF Downloaded : 57 times PDF Downloaded : 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.