Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Pendekatan Concrete Representational Abstract Pada Anak Tunagrahita Ringan

Ratih Safrani(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


ABSTRACTThis research aims to improve the ability to recognize number symbols through the Concrete Representational Abstract approach in class V mild mental retardation children at SLB Negeri 1 Padang. The results of the research, conducted over 16 sessions, indicate that the baseline phase (A1) conducted in four sessions yielded the following percentage results: 30%, 30%, 30%, 30%. During the intervention phase (B), conducted in eight sessions, the child's ability showed improvement with the following percentage results: 40%, 40%, 45%, 50%, 60%, 80%, 80%, 80%. Finally, during the second baseline phase (A2), conducted in four sessions, the percentage results were as follows: 75%, 80%, 80%, 80%. Based on the data analysis, it is concluded that the ability to recognize number symbols from 6 to 10 can be enhanced using the Concrete Representational Abstract approach. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui pendekatan Concrete Representational Abstract pada anak tunagrahita ringan kelas V di SLB Negeri 1 Padang. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan diperoleh data pada fase baseline (A1) dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan menunjukkan hasil presentase yang diperoleh yaitu 30%, 30%, 30%, 30%. Pada fase intervensi (B) dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dan kemampuan anak menunjukkan peningkatan yang terlihat pada hasil presentase yang diperoleh yaitu 40%, 40%, 45%, 50%, 60%, 80%, 80%, 80%. Dan pada fase baseline (A2) dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan tanpa pemberian intervensi dan hasil presentase yang diperoleh yaitu 75%, 80%, 80%, 80%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan 6 sampai 10 dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan Concrete Representational Abstract. 

Keywords


Kata kunci: Anak Tunagrahita, Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan, Pendekatan Concrete Representational Abstract

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Hartati, P. T., & Ardisal, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 melalui Media Busy Book bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(2), 25–32.

Ikram, Z. J. W., Nasir, R., & Fadliyah, R. (2017). Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa. Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 652–660.

Kasiyati, G. K. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunagrahita. Padang: Sukabina Press.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal.

Putri, H. E. (2017). Pendekatan concrete-pictorial-abstract (CPA), kemampuan-kemampuan Matematis, dan rancangan pembelajarannya. UPI Sumedang Press.

Putri, H. E., Rahayu, P., Saptini, R. D., & Misnarti, M. (2016). Keterkaitan penerapan pendekatan CPA dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 11(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 72 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.