Efektivitas Mengenal Huruf Vokal Menggunakan Media pembelajaran Pin Activity Pada Anak Tunagrahita Ringan

Desmia Rahmadani(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian yang bertujuan untuk menunjukkan keefektivan atau tidaknya keefektivitasan media yang digunakan yaitu media pin activity untuk meningkatkan kemampuan mengenaal huruf pada anak. pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian ekprerimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR)dengan menggunakan desain A-B-A. teknik analisis menggunakan analisis visual grafik. Pada analisis data yang dilakukan sebanyak 17 kali pertemuan,dimana didalam tiga kondisi ini yaitu baseline (A1) memperoleh hasil dengan presentasemya yaitu : 30%,30%,20%,20%,20%. Pada kondisi baseline perlakuan atau intervensi (B) memperoleh data dengan presentasenya yaitu : 80%,70%,80%,90%,100%,100%,100%. Terakhir pada kondisi baseline (A2) memperoleh data dengan presentasenya yaitu :90%, 80%,100%,100%. Dari hasil penelitian diatas menunjukkan adanya peningkatan peda anak tunagrahita ringan dalam mengenal huruf vokal menggunakan media pin activity di SLBN 1 Painan.

Keywords


Mengenal Huruf, Media pin activity Anak Tunagrahita

References


Louk, H., dan Johannes, M. dan rekan mereka Improving General Media in Children with Soft Mental Disabilities' Acquisition of Coordinated Gross Movements, J. Sports, vol. 4, tidak. 1, hal. 24-33.

E. Firzat (2015) Membuat Ilustrasi Buku Pop-Up sebagai Alat Pengenalan Huruf dan Satwa Anak Usia Dini, J. Arts Education, vol. 4, tidak. 1, hlm. 56–67.

Anggraini, Y. (2012). Pemanfaatan Media Langsung Paksa untuk Lebih Mengembangkan Kemampuan Persepsi Vokal bagi Anak Tunarungu (Eksplorasi Mata Pelajaran Tunggal di Kelas 1 SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh), Guru J. Ilmia. Luar biasa, vol. 1, tidak. 1, hlm. 211-224. Yosiani, N. (2014). Relasi Krakteristik Anak Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar di Sekolah Luar Biasa, vol. 1, no. 2, pp. 111–124.

Sunanto, Juan. (2005). Prolog ke Eksplorasi Subjek Tunggal. Perguruan Tinggi Tsukuba: CRICET.

Amalia, L (2020). Selanjutnya Kemampuan Mengembangkan Mengenal Huruf-Huruf Berurutan Melalui Media Pin Action di Taman Kanak-Kanak Kebisingan Afiliasi Dharma Wanita

Oktaviani, T.O. dan dkk (2015). “Mengerjakan Kemampuan Persepsi Huruf Vokal Melalui Strategi Membaca Jari Pada Anak Tunagrahita Kelas II Kelas II SLB N Manggis Ganting Bukittinggi,” J. Ilmia Instruktur. Luar biasa, vol. 4, tidak. 3, hlm. 606-614. Krembung Sidoarjo, hlm. 1-134.


Article Metrics

 Abstract Views : 192 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.