Abstract
Penelitian yang bertujuan untuk menunjukkan keefektivan atau tidaknya keefektivitasan media yang digunakan yaitu media pin activity untuk meningkatkan kemampuan mengenaal huruf pada anak. pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian ekprerimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR)dengan menggunakan desain A-B-A. teknik analisis menggunakan analisis visual grafik. Pada analisis data yang dilakukan sebanyak 17 kali pertemuan,dimana didalam tiga kondisi ini yaitu baseline (A1) memperoleh hasil dengan presentasemya yaitu : 30%,30%,20%,20%,20%. Pada kondisi baseline perlakuan atau intervensi (B) memperoleh data dengan presentasenya yaitu : 80%,70%,80%,90%,100%,100%,100%. Terakhir pada kondisi baseline (A2) memperoleh data dengan presentasenya yaitu :90%, 80%,100%,100%. Dari hasil penelitian diatas menunjukkan adanya peningkatan peda anak tunagrahita ringan dalam mengenal huruf vokal menggunakan media pin activity di SLBN 1 Painan.
Keywords
Mengenal Huruf, Media pin activity Anak Tunagrahita