Efektivitas I-CHAT Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Pola Kalimat Bagi Anak Tunarungu di SLB Wacana Asih Padang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : ind
Abstract
Keywords
References
Annisatya, Y. (2013). Penerapan Media I-CHAT (I Can Hear and Talk) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Struktur Kalimat Pada Anak Tunarungu Wicara Kelas VI di SLB-B/C YPASP Wonorejo Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Sebelas Maret.
Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Karasu, H. P. (2017). Writing Skills of Hearing-Impaired Students Who Benefit from Support Services at Public Schools in Turkey. World Journal of Education, 7(4), 104116.
Khairunnisa, A., Somad, P., & Kurniadi, D. (2016). Penggunaan Media Adobe Flash Terhadap Kemampuan Menulis Struktur Kalimat (SPOK) Pada Anak Tunarungu Kelas VII SMPLB di SLB BC Permata Hati Sumedang. JASSI_Anakku, 17(1), 1418.
Luqman, H. (2013). Pengaruh Pembelajaran dengan Multimedia Interaktif I-CHAT Terhadap Penguasaan Pembendaharaan Kata Anak Tunarungu Kelas I di SLB Negeri Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.
Malik, M., & Din, N. (2019). Writing Skills Development among Students with Deafness at Elementary Level. Bulletin of Education and Research, 41(1), 116.
Martantina, N. D. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran I-CHAT (I Can Hear and Talk) Terhadap Kemampuan Menyusun Struktur Kalimat Pada Anak Tunarungu Kelas X di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Limbangan Kendal Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Sebelas Maret.
Nurdjan, S., Firman, & Mirnawati. (2016). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Penerbit Aksara Timur.
Purnamasari, B. A. M. (2016). Peningkatan Kemampuan Merangkai Kalimat Anak Tunarungu di Kelas Dasar V SLB B Karnnamanohara Melalui Penggunaan Media Pembelajaran I-CHAT. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 5(3), 110.
Rahman, H. (2012). Meningkatkan Bahasa Verbal Melalui Media I-CHAT Bagi Anak Tunarungu Kelas IX B di SMPLB YPPC Sawahlunto ( Single Subject Research Kelas IX B di SMPLB YPPC Sawahlunto ). E-JUPEKhu, 1(2), 126140.
Ruspitayanti, P. R., Wendra, I. W., & Wisudariani, N. M. R. (2015). Struktur Kalimat Bahasa Indonesia Pada Karya- Karya Tulis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMALB-B Negeri Singaraja. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).
Sari, N. (2019). Penerapan Media I-Chat ( I Can Hear And Talk ) Dalam Menyusun Kalimat Pada Anak Tunarungu di SLB Laketu Kabupaten Luwu Timur. Universitas Negeri Makassar.
Sasangka, S. S. T. W. (2015). Kalimat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wagiyati. (2010). Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Diambil 13 Juli 2020, dari http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2010/03/kalimat_dalam_bahasa_indonesia.pdf
Widyaningsih, N., & Hum, M. (2017). Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Diambil 13 Juli 2020, dari http://lecturer.ukdw.ac.id/othie/PengertianKalimat.pdf
Article Metrics
Abstract Views : 415 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 106 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.