Efektivitas I-CHAT Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Pola Kalimat Bagi Anak Tunarungu di SLB Wacana Asih Padang
![](/public/amplop.jpg)
(1) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(2) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
![](/public/amplop.jpg)
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text:
![](/public/downloadpdf.png)
Abstract
Keywords
References
Annisatya, Y. (2013). Penerapan Media I-CHAT (I Can Hear and Talk) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Struktur Kalimat Pada Anak Tunarungu Wicara Kelas VI di SLB-B/C YPASP Wonorejo Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Sebelas Maret.
Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Karasu, H. P. (2017). Writing Skills of Hearing-Impaired Students Who Benefit from Support Services at Public Schools in Turkey. World Journal of Education, 7(4), 104116.
Khairunnisa, A., Somad, P., & Kurniadi, D. (2016). Penggunaan Media Adobe Flash Terhadap Kemampuan Menulis Struktur Kalimat (SPOK) Pada Anak Tunarungu Kelas VII SMPLB di SLB BC Permata Hati Sumedang. JASSI_Anakku, 17(1), 1418.
Luqman, H. (2013). Pengaruh Pembelajaran dengan Multimedia Interaktif I-CHAT Terhadap Penguasaan Pembendaharaan Kata Anak Tunarungu Kelas I di SLB Negeri Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.
Malik, M., & Din, N. (2019). Writing Skills Development among Students with Deafness at Elementary Level. Bulletin of Education and Research, 41(1), 116.
Martantina, N. D. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran I-CHAT (I Can Hear and Talk) Terhadap Kemampuan Menyusun Struktur Kalimat Pada Anak Tunarungu Kelas X di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Limbangan Kendal Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Sebelas Maret.
Nurdjan, S., Firman, & Mirnawati. (2016). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Penerbit Aksara Timur.
Purnamasari, B. A. M. (2016). Peningkatan Kemampuan Merangkai Kalimat Anak Tunarungu di Kelas Dasar V SLB B Karnnamanohara Melalui Penggunaan Media Pembelajaran I-CHAT. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 5(3), 110.
Rahman, H. (2012). Meningkatkan Bahasa Verbal Melalui Media I-CHAT Bagi Anak Tunarungu Kelas IX B di SMPLB YPPC Sawahlunto ( Single Subject Research Kelas IX B di SMPLB YPPC Sawahlunto ). E-JUPEKhu, 1(2), 126140.
Ruspitayanti, P. R., Wendra, I. W., & Wisudariani, N. M. R. (2015). Struktur Kalimat Bahasa Indonesia Pada Karya- Karya Tulis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMALB-B Negeri Singaraja. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).
Sari, N. (2019). Penerapan Media I-Chat ( I Can Hear And Talk ) Dalam Menyusun Kalimat Pada Anak Tunarungu di SLB Laketu Kabupaten Luwu Timur. Universitas Negeri Makassar.
Sasangka, S. S. T. W. (2015). Kalimat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wagiyati. (2010). Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Diambil 13 Juli 2020, dari http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2010/03/kalimat_dalam_bahasa_indonesia.pdf
Widyaningsih, N., & Hum, M. (2017). Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Diambil 13 Juli 2020, dari http://lecturer.ukdw.ac.id/othie/PengertianKalimat.pdf
Article Metrics
![](/public/grafik.png)
![](/public/pdf.jpg)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.