Pelaksanaan Pembelajaran Alat Musik Bagi Kelayan Tunanetra di PSBN Tuah Sakato Padang

Tengku Fakhri Ardiyansyah(1), Jon Efendi(2),
(1) Padang State University  Indonesia
(2) Padang State University  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan mendeskripsikan seperti apa proses pembelajaran alat musik bagi kelayan, sikap kelayan dalam proses pembelajaran, kendala yang di hadapi selama proses pembelajaran berlangsung, serta usaha yang di lakukan dalam mengatasi kendala dalam proses pembelajaran alat musik di PSBN Tuah Sakato Padang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif di kelas pembelajaran musik PSBN Tuah Sakato Padang. Subjek penelitian antara lain instruktur pembelajaran kelas musik dan kelayan gangguan penglihatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran alat musik di PSBN Tuah Sakato Padang di lakukan dengan jangka waktu yang cukup panjang, hal ini terlihat dari bagaimana proses awal kelayan dalam pembelajaran alat musik hingga  sampai seperti pada saat ini.

Keywords


Keterampilan Dalam Bermain Alat Musik; Proses Pembelajaran Alat Musik; Kelayan Gangguan Penglihatan

References


Eggan & Kauchak. (1988). Methods for Teaching. Jakarta: Pustaka Pelajar

Ervan, B., Yuliasma, Y., & Kadir, T. H. (2013). Pembelajaran Musik bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 4 Payakumbuh. SENDRATASIK UNP, nomor 2 volume 1, 22-28.(online) http://ejournal.unp.ac.id/index.php/sendratasik/article/view/2432

Gunawan, Imam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu 2008. Manejemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara

Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Margono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya

Moedjiono. 1993. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbub

Moleong, Lexy.1988.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA

Safrina, Rien. 1999. Pendidikan Seni Musik. Bandung: Maulana

Sagala, Syaiful. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sanjaya W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

St. Vembriarto. (1981). Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Praramita

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suharto, S. (2007). Pengembangan Materi dan Kegiatan Pembelajarannya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bidang Seni Musik. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, nomor 8 volume 3. (online) http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/780

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Suryosubroto. 1986. Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru Dalam Proses Belajar –Mengajar. Yogyakarta: Marta


Article Metrics

 Abstract Views : 503 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 281 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.