Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan mendeskripsikan seperti apa proses pembelajaran alat musik bagi kelayan, sikap kelayan dalam proses pembelajaran, kendala yang di hadapi selama proses pembelajaran berlangsung, serta usaha yang di lakukan dalam mengatasi kendala dalam proses pembelajaran alat musik di PSBN Tuah Sakato Padang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif di kelas pembelajaran musik PSBN Tuah Sakato Padang. Subjek penelitian antara lain instruktur pembelajaran kelas musik dan kelayan gangguan penglihatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran alat musik di PSBN Tuah Sakato Padang di lakukan dengan jangka waktu yang cukup panjang, hal ini terlihat dari bagaimana proses awal kelayan dalam pembelajaran alat musik hingga sampai seperti pada saat ini.
Keywords
Keterampilan Dalam Bermain Alat Musik; Proses Pembelajaran Alat Musik; Kelayan Gangguan Penglihatan