Strategi Guru dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

Faidia Dewantara Hasibuan(1), Siti Quratul Ain(2),
(1) Universitas Islam Riau, Riau  Indonesia
(2) Universitas Islam Riau, Riau  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.127900

Full Text:    Language : ind

Abstract


This research is based on the problems of students who have difficulty reading at the beginning. The aim of this research is to describe teachers' strategies for fostering interest in reading in grade IV students and identify what are the inhibiting factors for teachers in fostering interest in reading in grade IV students in elementary schools. Descriptive qualitative research is the method used in this research. Data collection in this research used documentation, interviews and observation. Data analysis in this research includes: Data reduction, displaying data or presenting data and drawing conclusions and then operating. The results of this research conclude that although several inhibiting factors in fostering students' interest in reading, such as strategies and approaches that will be used to increase literacy, are not well understood by teachers, schools do not implement literacy activities, insufficient reading materials and parental involvement. with schools in literacy activities, it does not have a bad impact on students because teachers continue to strive for strategies to increase students' interest in learning.


Keywords


Teacher Strategies; Fostering Interest in Reading; Interest in Reading; Elementary School

References


Abdurrahman, Kuncoro, A. (2017). Strategi Guru Dalam Mencapai Profesionalisme Guru di SMA Negeri 3 Boyolali. Jurnal Skripsi.

Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. JURNAL IDAARAH. Vol III No.2. hal 205-214.

Afriani, E. D. dkk. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Prasasti Ilmu. Vol 1 No. 3. hlm 21-27.

Ain, S. Q., Mustika, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika kepada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas. Vol 2 No.5.

Akbar, R. F. dkk. (2023). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Minat Baca dan Menulis Peserta Didik Kelas IV di SDN Serang 9. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. Vol 09 No. 05.

Ama, R. G. T. (2021). Minat Baca Siswa Ditinjau Dari Persepsi Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 2 No.1.

Aprilia, R. dkk. (2020). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca di SD Negeri 3 Desa Tanjung Kecamatan Belimbing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 2 No.4. Hal 54.

Artana, I Ketut. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. ACARYA PUSTAKA. Vol 2 No.1.

Astomo, P. (2021). Politik Hukum Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional Yang Responsif Di Era Globalisasi. Masalah-Masalah Hukum, 50(2), 172-183.

Ati, A. P., Widiyarto, S. (2020). Peran Literasi Bahasa Dalan Menignkatkan Minat Baca dan Menulis Pada Siswa SMP Kota Bekasi. Jurnal IJCCS. Hal 106.

BP, A. R. dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. Vol 2 No. 1.

Efendi, Z., Hisyam, W. N., & Faristiana, A. R. (2023). Kurangnya Minat Baca Buku Kalangan Mahasiswa. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 382-398.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal.

Erianita, H. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas VA SD Negeri 146 Pekanbaru. Skripsi.

F. Ardlilla, I. R. Sulistiani, M Afiffulloh. (2023). Strategi Guru Dalam membangun Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

Fitriana, Siti. (2022). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MI Negeri Kota Semarang. Skripsi.

Habibi, M., Sukma, E., Chandra, C., Suriani, A., & Fadillah, N. (2020). Models of Literacy Media in Improving Reading Skill of Early Grade Students. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290809

Handayani, S. (2020). Budaya Literasi Melalui Gesigeli (Gerakan Siswa Gemar Literasi). Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series.

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. DIDAKTIKA. Vol 9 No.1. hal 1-7.

Hilaliyah, T. (2016). Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Membaca Bahasa dan Bahasa Indonesia. Vol 1 No. 2. hal 188-189.

Irdawati, dkk. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di MIN Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol 5 No.4.

Juliansyah, E. (2017). Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomak. Vol 3 No.2. hlm 20.

Kamila, A., Ritonga, R. (2021). Strategi Reading Aloud dalam Menumbuhkan Minat Mmebaca Siswa di Kelas IV SDN Pancoran 07 Pagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 5 No.2.

Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. JURNAL BASICEDU. Vol 6 No.5. hlm 8879-8885.

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.

Khatimah, H. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Skripsi.

Kuswandi, A. A. dkk. (2022). Pengembangan Literasi Dasar Untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita Di RA Mifthul Jannah Bagolo Pangandaran. WAHANA DEDIKASI: Jurnal PKM Ilmu Kependidikan. Vol 5 No.1.

Lisnawati, I., Ertinawati, Y. (2019). Literat Melalui Presentasi. METAEDUKASI. Vol 1 No.1. hlm 1-12.

Mahruzah, Y. N., Suttrisno. (2022). Keterampilan Bertanya dengan Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review). Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA). Vol 2 No. 2. hal 258–265. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.514

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2 No.2. hal 24-32.

Oktariani., Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K). Vol 1 No.1. hal 23-33.

Piliandini, Y. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model CIRC pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 6 No. 5. hal 8886–8896.

Pristiwanti, D. dkk. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 4 No.6.

Rachman, B. A. dkk. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta DIDIK Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. DINAMISIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 5 No. 6. Hal 1535-1541.

Ramadhini, S., dkk. (2020). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa Melalui Budaya Literasi di SDIT Qurrata A’yun Kandangan. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Vol 6 No.1. hlm 61-71.

Rif’ah, N. (2022). Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Pembentukan Karakter Siswa Kelas 3 SDN Donoharjo Ngaglik Sleman. Skripsi.

Rohim, D. C., Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol 6 No. 3.

Ruslan., Wibayanti, S. H. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019.

Sebayang, S., Rajagukguk, T. (2019-2020). Pengaruh Pendidikan. Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SD dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX. Vol 2 No. 2.

Senova, M. (2020). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SMP Negeri 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Skripsi.

Soniah. dkk. (2023). Strategi Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Pagaruyung. Jurmia: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah. Vol 3 No.1.

Sugiyati. (2017). Upaya Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Media Kartu Huruf dan Kartu Kata. JURNAL IDEGURU. Vol 2 No.1. hal 33-42.

Suprapto, H. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Antar Jasa Penginapan di Kota Lamongan (Studi Pada Hotel Mahkota Lamongan). Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM). Vol 4 No.3. hlm 1050.

Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 17 No. 2.

Vidiawati, V. (2019). Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan. Tesis.

Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar (Class Teacher Strategy in Facing Lazy Students Learn). TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 4 No.1. hlm 44.

Warsidah. dkk. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Berbasis Tematik Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara. Lumbung Inovasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 7 No.4. Hal 663-669.

Witdianti, Y. (2018). Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Program Kemitraan Unicef. Prodising Pekan Seminar Nasional (Pesona).

Yusti, W. dkk. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV di SD Negeri 115 Buton. PROSA: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1 No.1.

Zelpamailiani. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Gugus IV di Kecamatan Koto XI Tarusan. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series.


Article Metrics

 Abstract Views : 70 times
 PDF Downloaded : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.