Pengembangan Bahan Ajar Bermultimedia Interaktif dengan Discovery Learning pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Penggerak
![](/public/amplop.jpg)
(1) Universitas Negeri Padang, Kota Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(2) Universitas Negeri Padang, Kota Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(3) Universitas Negeri Padang, Kota Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(4) Universitas Negeri Padang, Kota Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(5) Universitas Negeri Padang, Kota Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(6) Universitas Negeri Padang, Kota Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
![](/public/amplop.jpg)
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.127091
Full Text:
![](/public/downloadpdf.png)
Abstract
Keywords
References
Alimuddin. (2014). Penilaian dalam kurikulum 2013. In Seminar NAsional Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.1038/jes.2014.32
Alberida, H. and Barlian, E., 2018, April. Problem solving model for science learning. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 335, No. 1, p. 012084). IOP Publishing.
Barlian, E. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.
Barlian, E., & Danhas, Y. (2022). Konsep dan Aplikasi Ekologi Manusia. Yogyakarta: Deepublish.
Barlian, E., & U, I. (2020). Ekologi Manusia. Yogyakarta: Deepublish.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. SAGE Publication.
Desyandri, D., Yeni, I., Mansurdin, M., & Dilfa, A. H. (2021). Digital Student Songbook as Supporting Thematic Teaching Material in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 342–350. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.36952
Diyana, T. N., Supriana, E., & Kusairi, S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Topik Prinsip Archimedes Untuk Mengoptimalkan Student Centered Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27672
Efendi, F., Fitria, Y., F, F., & Hadiyanto. (2021). Perbedaan Model Problem Based Learning dengan Discovery learning Terhadap Higher Order Thinking Skills dan Self Directed Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(1), 301–309.
Fathinnaufal, M., & Hidayati, D. (2020). The Implementation of Character Education in Elementary School. Journal of Educational Management and Leadership, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.33369/jeml.1.2.31-38
Habibi, M., Sukirno, Taufina, Sukma, E., Suriani, A., & Putera, R. F. (2020). Direct writing activity: A strategy in expanding narrative writing skills for elementary schools. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4374–4384. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081003
Haifaturahmah, hidayatullah, R. Maryani, S. & Nurmiwati. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis STEAM untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Kependidikan,(6)(2), 311.
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu. Yogyakarta: Diva Press.
Priantari, I., Prafitasari, A. N., Kusumawardhani, D. R., & Susanti, S. (2020). Improving Students Critical Thinking through STEAM-PjBL Learning Pembelajaran STEAM-PjBL untuk Peningkatan Berpikir Kritis. Bioeducation Journal, 4(2), 94–102. Diambil dari https://doi.org/10.24036/bioedu.v4i2.283
Purwanti, W. (2013). Integrative Science untuk Mewujudkan 21st Century Skill dalam Pembelajaran IPA SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA MIPA-UNY.
Purwanto, N. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. Diambil dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/925
Riduwan. (2009). Metode & teknik menyusun proposal penelitian. Bandung: Alfabeta.
Safitri, F., & Desyandri. (2020). Peningkatan Model Discovery learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tematik Terpadu Kelas IV SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8, 196–206.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Setiyani, U. F., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Pengembangan CD Interaktif Macromedia Flash Berbasis Nilai Karakter Subtema 1 Aku Dan Cita-Citaku Kelas IV. Jurnal Sinektik, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3331
Setyaningsih, T., & S, F. (2020). Analisis Pemanfaatan Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(9), 132–149.
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. In Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan.
Shiddiq, J. (2021). Inovasi Pemanfaatan Wordwall Sebagai Media Game Based Learning Untuk Bahasa Arab. Journal Of Applied Linguistic And Islamic Education,2(1).Diambildarihttps://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2183809
Simmamora. (2012). uji validitas dan reabilitas metode penlitian. mercubuana.
Suandewi, Wiarta, & Asri, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tgt Berbantuan Alat Peraga Konkret Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdn 2 Pupuansawah. Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 35(1), 105–135.
Subandi. (2014). Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.
Sudarma, I. K., & Dkk. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Surahmawan, A. N. I., Arumawati, D. Y., Palupi, L. R., Widyaningrum, R., & Cahyani, V. P. (2021). Penggunaan Media Wordwall sebagai Media Pembelajaran Sistem Pernafasan Manusia. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 95–105. Diambil dari https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/163
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran, Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Winarno, dkk. (2009). Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta: GENIUS PRIMA MEDIA.
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944
Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori , Penelitian dan Pengembangan,2(8), 1024–1029.
Article Metrics
![](/public/grafik.png)
![](/public/pdf.jpg)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.