Respon Siswa Terhadap Media Augmented Reality Berbantuan Aplikasi Assembler dalam Pembelajaran Dongeng Bahasa Sunda
(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung  Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung  Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung  Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.127011
Full Text: Language : ind
Abstract
Keywords
References
Ahmad R. (2023). Penerapan Pendekatan Komunikatif Dapat Meningkatkan Penguasaan Siswa Menceritakan Isi Dongeng. Educational : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 3 No.(1), 1–8.
Alfiansyah, I., & Lubaba, M. N. (2022). Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706.
Aljamaliah, S. N. M., & Darmadi, D. M. (2021). Penggunaan Bahasa Daerah (Sunda) Di Kalangan Remaja Dalam Melestarikan Bahasa Nasional Untuk Membangun Jati Diri Bangsa. Sarasvati, 3(2), 123. https://doi.org/10.30742/sv.v3i2.1740
Alyusfitri, R., Nora, Y., & Fadhillah, H. I. (2023). Analisis Respon Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Berbantuan Multimedia Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 113–126.
Anasti, H. P., Thahar, H. E., & Afnita, A. (2022). Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Teks Fabel dengan Pendekatan Komunikatif. Jurnal Basicedu, 6(1), 646–655. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1983
Anggreni, R. (2023). Signifikansi Sekolah Mewujudkan Siswa Berkarakter Melalui Bijak Bergawai di SD Negeri 10 Pangkalpinang. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar |, Vol. 10 No, 78–84. https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3709
Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR (Animasi Software Geogebra Dan Alat Peraga) untuk Mendukung Proses Pembelajaran Matematika di Kelas. Jurnal SOLMA, 9(2), 354–360. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.3975
Artanti, Y., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tepytha Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 50–60. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.671
Ashari, S. A., A, H., & Mappalotteng, A. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Movie Learning Berbasis Augmented Reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2), 82–93. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448
Asma Nurul Aulia, N., & Wicaksono, M. F. (2021). Revitalisasi Dongeng Dalam Membumikan Minat Baca Anak-Anak Di Kampung Dongeng Blitar. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 13(2), 157–176. https://doi.org/10.37108/shaut.v13i2.493
Chen, Y., Wang, Q., Chen, H., Song, X., Tang, H., & Tian, M. (2019). An overview of augmented reality technology. Journal of Physics: Conference Series, 1237(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1237/2/022082
Dani & Shaleh. (2023). Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 372. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1829
Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 190. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882
Dewi. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1961
Dzakiah, S. N., Nugraha, H. S., Kosasih, D., & Widyastuti, T. (2024). Design of Augmented Reality Interactive Learning Media in Learning Sundanese Fairy Tales Shoofii Nurrizki Dzakiah 1 , Haris Santosa Nugraha 2 *, Dede Kosasih 3 , Temmy Widyastuti 4. 22(01), 11–25.
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.
Febriningrum & Purwaningsih. (2022). Pengaruh Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Teknologi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas Xi Ips Sman 8 Surabaya. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 13(1), 1–1.
Hidayah, A., & Syahrani, S. (2022). Internal Quality Assurance System Of Education In Financing Standards and Assessment Standards. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 291–300. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35
Hidayat, A. A., Sutedi, A., Gunadhi, E., & Heryanto, D. (2003). Media Pembelajaran Aksara Sunda Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. 505–514.
Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 153. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108
Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.61292/cognoscere.v1i1.20
Iskandar, et. a. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr EDU Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi ASEAN Kelas VI. Journal of Engineering Research.
Koswara. (2010). Sastra Sunda Buhun.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL E-DuMath, 9(1), 55–62. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1941
Mulyani, S. (2022). Dongeng Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pena Indonesia, 8(2), 46–54.
Munthe, F. P. (2023). Cendiki a Cendiki a. 1(1), 235–243.
Mustafida3, R. M. S. F. (2023). Implementasi Metode Cerita (Dongeng) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MI Miftahul Ulum Ampeldento. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5.
Nam & Lee. (2020). Augmented reality in education: A meta-analysis. The Journal of Educational Information and Media, 26(1), 129.
Nurani et al. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar |, Vol. 10 No(1), 79–84.
Nurhayati. (2023). Penggunaan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Atfhal Al-Ikhlas Kota Singkawang. Agustus, 1(3), 485–500.
Nursyam, F., Widyawati, E., & Mucti, A. (2022). Respons Siswa Terhadap Aplikasi “Bang Sikung” Berbasis Android. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 4(1), 37–43. https://doi.org/10.35334/meta.v4i1.2914
Oktapiani, C. S., Rudiyanto, R., & Kurniawati, L. (2019). Kecepatan Menambah Kosakata Bahasa Sunda Anak Melalui Kegiatan Ngawih Pupuh Sunda. Edukid, 15(1), 58–73. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20153
Parlina, T., Satria, T. G., & Yuneti, A. (2021). Pengembangan Buku Cerita Dongeng Berbantuan Boneka Tangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 24. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i1.112936
Pramanik, N. D. (2019). Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini Melalui Media Dongeng. … : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 73–87. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/282
Pramswari, L. P. (2014). Pembelajaran Bahasa Sunda Di Wilayah Perbatasan: Dilema Implementasi Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 201–208. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.884
Prastya, C., Ida Bagus Putrayasa, & I Nyoman Sudiana. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259
Rama A. Wijaya & Yeti Mulyati. (2017). Sastra Dongeng dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan (Studi Analisis Deskriptif di Sekolah Dasar Kelas 1 Kota Bandung). DEIKSIS - JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 47–56.
RisnawRati, E., & Mujahidin, D. E. (2013). Telaah Materi Dongeng Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda Sekolah Dasar (Analisis Kurikulum Bahasa Sunda Sekolah Dasar Berbasis Tauhid) Study of Storytelling on Sundanese Language in the Elementary School (the Analysis of Curriculum Based on Tawhid Perspecti. Jurnal Sosial Humaniora, 4, 68–74.
Salsabila, A., & Sukartono, S. (2023). Implementasi Media Audio Visual Pada Pembelajaran Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan …, 7, 310–319. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/122915
Stefany, E. M. (2016). Respon Siswa Pada Pengembangan Media Pembelajaran: Implementasi Pada Mata Pelajaran Tik Kelas Viii Di Smp Negeri 4 Denpasar. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.21107/edutic.v1i2.1546
Sugiarto, A. (2022). Penggunaan Media Augmented Reality Assembler Edu untuk. 1–13.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Tiyasari, S., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Kartu Bermain AR Berbasis Teknologi Augmented Reality sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika. Vygotsky, 3(2), 123. https://doi.org/10.30736/voj.v3i2.411
Article Metrics
Abstract Views : 158 timesPDF Downloaded : 51 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.